Innalilahi, Terpapar Covid-19, Bupati Ini Meninggal Dunia

by
Putra Bupati Bangka Tengah mengumandangkan azan saat pemakaman ayahnya. (Babelpos)

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Bupati Bangka Tengah (Bateng), H Ibnu Saleh meninggal dunia di RSBT Pangkalpinang, Minggu (4/10/2020) sekira pukul 03.17 WIB.

”Bener Bang, ini kami tengah persiapan untuk pemakaman,” demikian dikemukakan PLT Bupati Bateng, Yulianto Satin Kepada Babel Pos, Minggu (4/10/2020) pagi tadi.

Sebelumnya, ia masuk ke rumah sakit pada tanggal 27 September 2020 lalu lantaran kelelahan dan kondisi kesehatan yang menurun.

Pada 1 Oktober 2020, Ibnu Saleh dinyatakan terpapar Covid-19 dan terus menjalani perawatan. Padahal sebelumnya hasil dua kali swab almarhum negatif Covid-19.

Kondisi sempat membaik, namun kembali menurun Sabtu (3/10/2020) malam dan menghembuskan napas terakhir Minggu (4/10/2020) sekira pukul 03.17 WIB.

Ibnu Saleh saat ini adalah salah satu Calon Bupati (Cabup) yang berpasangan dengan Herry Erfian. Sesuai aturan, di masa kampanye ia cuti dan PLT Bupati dijabat Wakil Bupati Yulianto Satin.

Lantunan Azan

Almarhum dikebumikan sesuai prosedur Covid-19 di TPU Jalan Mentok.

Di peristirahatan terakhir, almarhum Ibnu diantarkan oleh anak kedua, Jakara dengan lantunan azan. Dia dengan nada terisak menahan tangis mengantarkan sang ayah kembali ke sang khalik. Jakara hanya bisa berdiri dengan jarak sekitar empat meter dari liang lahat.

Almarhum sebelumnya, dishalatkan di RSBT dan dibawa dengan dua iringan mobil jenazah mengantarkan almarhum ke TPU Jalan Mentok. Sekitar sebelah petugas dengan APD lengkap siap melakukan pemulasaraan jenazah.

Dari pantauan, hadir puluhan masyarakat menyaksikan prosesi pemakaman Ibnu Saleh. Hadir juga Didit Srigusjaya dan Plt. Bupati Bangka Tengah, Yulianto Satin.(tob/babelpos)