Pemohon Banpres Tembus 20.000 UMKM

by
ANTRE - Masyarakat Batang saat mengantre untuk mendapatkan Surat Izin Usaha di Mal Pelayanan Publik DPMPTSP Batang.

*Sudah 4.651 yang Cairkan Rp 2,4 Juta

BATANG – Per 28 September lalu sudah ada sekitar 4.651 UMKM di Batang yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Banpres dari Pemerintah pusat. Ribuan UMKM tersebut sudah menerima uang Rp 2,4 juta yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan juga PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar.

“Per 28 September kemarin sudah ada sekitar 4.651 UMKM yang sudah mendapatkan realisasi BLT dari Pemerintah Pusat. Ini sekaligus meralat pemberitaan lalu, karena kemarin kami didata ada sekitar 6 ribu UMKM ternyata 6 Ribu UMKM itu masih campur dengan UMKM yang ada di Pekalongan. Untuk UMKM yang dari Batang sendiri baru sekitar 4.651 yang cair,” jelas Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto.

Dari data tersebut, 1.962 UMKM disalurkan melalu Bank BRI. Sementara sisanya 2.689 UMKM disalurkan melalui PNM Mekar. Sehingga total bantuan UMKM yang terrealiasasi di Batang sudah mencapai Rp11 Milyar lebih.

Subiyanto menjelaskan, sudah ada sekitar 20.000 UMKM di Batang yang sudah mengajukan bantuan ini. Untuk menerima bantuan ini, UMKM juga harus menyiapkan beberapa persyaratan. Seperti memiliki surat izin usaha, tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan perbankan, dan lainnya.

“Kami berharap nantinya lebih banyak lagi UMKM di Batang yang mendapatkan bantuan. Kami harap bisa lolos validasi dari pemerintah pusat. Dan kami juga berharap bantuan tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha mereka. Sehingga tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19,” harapnya. (nov)