Sehari, 8 Kasus Covid-19

by
SANKSI PUSH UP - Meski lonjakan kasus kian tinggi, kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan belum membaik. Tampak: warga yang terjaring operasi yustisi dikenai sanksi push up karena tidak memakai masker.

**Saat Ini 15 Kecamatan Zona Merah
**Akumulasi Covid-19 Ada 198 Kasus

KAJEN – Dalam satu hari, ada delapan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan. Hingga Kamis (1/10/2020) kemarin, secara akumulasi sudah ada 198 kasus positif Covid-19. Padahal, sehari sebelumnya masih di angka 190 kasus.

Oleh karena itu, Sekda Kabupaten Pekalongan Mukarromah Syakoer mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak (sosial distancing).

“Sampai hari ini yang terkonfirmasi 198. Yang dirawat 30, sembuh 118, dan isolasi mandiri 38. Kita di zona orange dengan risiko sedang,” kata dia.

Dikatakan, dari 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan, sebanyak 15 kecamatan masuk zona merah. Menurutnya, hanya ada empat kecamatan masuk zona hijau, yakni Kecamatan Talun, Petungkriyono, Paninggaran, dan Kecamatan Kandangserang. “Tapi tidak semua kecamatan yang zona merah itu Covid semua, ada beberapa spot-spot desa,” kata dia.

Sekda juga mengajak semua orang untuk bersama-sama melaksanakan protokol kesehatan, apalagi saat ini di Kabupaten Pekalongan ada penyelenggaraan Pilkada.