Deteksi Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Terus Dilakukan

by
RAKOR - Tim PAKEM menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang.

BATANG – Proses deteksi terhadap aktivitas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di Kabupaten Batang terus dilakukan Tim PAKEM, meski situasinya sejauh ini terbilang kondusif. Hal itu dilakukan terutama untuk mengantisipasi potensi gangguan atas ketertiban umum.

Hal itu terungkap saat rakor Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Batang yang dikomandoi Kejari Batang, Rabu (30/9/2020), di aula Badan Kesbangpol Batang.

Rapat diikuti oleh Kasi Intel Kejari Batang, Ridwan Gaos Natasukmana SH, selaku Wakil Ketua Tim PAKEM. Selain itu juga para anggota tim dari unsur Kodim 0736/Batang, Polres Batang, Badan Kesbangpol, Disdikbud Batang dan FKUB serta para Camat se Kabupaten Batang.

Dalam sambutannya, Ridwan Gaos Natasukmana mengatakan, bahwa rakor digelar dengan tujuan untuk membahas terkait tugas-tugas dan fungsi Tim Pakem dalam melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan kelompok masyarakat di Kabupaten Batang.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas untuk melakukan deteksi dini, serta pengawasan terhadap keberadaan aliran keagamaan maupun aliran kepercayaan masyarakat di wilayah Kabupaten Batang yang berpotensi dapat mengganggu ketertiban umum,” jelas Ridwan.