Mudahkan Interaksi Siswa dan Guru untuk PJJ

by
IKUT - Para guru SMP Islam Pekalongan terlihat serius mengikuti kegiatan pelatihan dari Dinkominfo.

KOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan telah mengembangkan software web conference berbasis open source yang mudah, efektif, dan tidak berbayar yang dapat dipakai oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh. Untuk menyebarluaskan aplikasi vidcon ini Dinkominfo gencar melakukan sosialisasi kepada guru dan peserta didik, bahkan SMP Islam Kota Pekalongan meminta secara khusus agar para gurunya diberi pelatihan ini.

Demikian diungkapkan Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi melalui Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Informatika, Wawan Sugandi AMd usai melatih para guru di SMP Islam Kota Pekalongan, Selasa (299/2020). “Tadi pengenalan aplikasi Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ di SMP Islam melalui aplikasi vidcon yang telah Dinkominfo kembangkan. Aplikasi Big Blue Botton yang dicustom dan dikembangkan ini memudahkan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19,” tutur Wawan.

Disampaikan Wawan bahwa SMP Islam tertarik untuk memanfaatkan aplikasi ini sehingga meminta pihak Wawan untuk melatih. “Jadi aplikasi vidcon yang dikembangkan ini free open source sehingga tidak perlu biaya registrasi, aplikasi zoom itu juga ada yang free tapi ada pembatasan 40 menit. Jadi dengan aplikasi yang dikembangkan ini tak perlu registrasi dan berlaku selamanya,” terang Wawan.

Lanjut Wawan menjelaskan bahwa salah satu kelebihan aplikasi ini adalah interaktif. Ada interaksi antara guru sebagai host melalui white board dengan para siswanya, siswa bisa melakukan coret-coret di white board sepanjang mendapat akses dari gurunya.

“Dinkominfo terbuka untuk melatih para guru dan siswa yang memiliki minat besar dengan aplikasi vidcon ini. Kendati demikian kapasitas bandwidth dan server Dinkominfo terbatas untuk menangani seluruh PJJ. Aplikasi ini dapat digunakan 100 klien bersamaan jadi bisa digilir,” pungkas Wawan. (mal)