Fasilitas Penanganan Covid-19 Belum Memadai

by
KUNJUNGAN - Menko PMK Muhadjir Efendy didampingi Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz dan Direktur RSUD Bendan Junaidi Wibawa menjelaskan berbagai hal tentang penanganan Covid-9, saat berkunjung dan memberikan bantuan di RSUD Bendan Kota Pekalongan, Selasa (29/9/2020).

**Penilaian Menko PMK Saat ke RSUD Bendan

KOTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa fasilitas yang dimiliki RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk menangani pasien Covid-19 saat ini masih belum memadai.

Misalnya saja tentang ketersediaan ruangan untuk isolasi pasien Covid-19, berikut ventilator serta ruangan tekanan negatif, jumlahnya masih belum mencukupi jika dibandingkan dengan jumlah pasien Covid-19 yang harus ditangani.

Demikian disampaikan Muhadjir usai meninjau RSUD Bendan dalam penanganan pasien Covid-19, sekaligus menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) dan Alat Perlindungan Diri (APD) dari Pemerintah Pusat kepada RSUD Bendan, dalam kunjungan kerjanya ke Kota Pekalongan, Selasa (29/9/2020).

“Intinya di sini fasilitasnya masih perlu dilengkapi, belum cukup untuk menangani Covid-19. Karena itu, tadi kita minta untuk segera ditindaklanjuti dan meminta bantuan ke Pemerintah Pusat melalui BNPB,” katanya.

Muhadjir mencontohkan, kekurangan dimaksud, diantaranya terkait jumlah ventilator, termasuk jumlah bed atau ruang untuk isolasi Covid-19 juga masih kurang banyak.