Pembelajaran Daring Model SOLE dengan Aplikasi WhatsApp

by

Oleh : M. Amiril Mu’minin, S.Pd.SD
Guru SDN 02 Rogoselo Kec. Doro Kab. Pekalongan

Masa pandemi sudah berjalan beberapa bulan. Masih teringat tanggal 23 Maret 2020 siswa mulai belajar dari rumah. Bagaimana pembelajaran terbaik yang akan saya terapkan ya? Metode apa yang cocok diterapkan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar? Sempat bingung dan berfikir keras guna mencari solusi. Mulailah dengan browsing di internet dan mencoba membuat konsep pembelajaran yang akan diterapkan.

Pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp (WA) dipilih sebagai jalur pembelajaran yang akan diterapkan di SDN 02 Rogoselo Kec. Doro Kab. Pekalongan. Mengapa menggunakan whatsapp? Karena aplikasi tersebut sudah familiar di masyarakat, khususnya siswa siswi saya. Melalui whatsapp, guru memberikan petunjuk pembelajaran yang akan dilakukan siswa baik itu berupa kegiatan membaca, menulis, praktik melakukan suatu kegiatan, mengamati, dan kegiatan lain.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman mengajar yang menurut saya sangat berkesan. Saya mencoba menerapkan model pembelajaran yang masih baru bagi saya karena belum pernah menerapkan sebelumnya. Namun, dengan penuh keyakinan sayapun mencoba mempraktikkannya. Model pembelajaran SOLE namanya. Apa itu model pembelajaran SOLE?

SOLE(Self Organized Learning Environments) menitik beratkan proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapapun yang berkeinginan untuk belajar dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya (Pustekkom Kemdikbud, 2018). Model Pembelajaran ini memiliki tiga langkah besar dalam kegiatannya, yaitu big question, investigation, dan review. Apakah bisa model pembelajaran dengan langkah seperti itu diterapkan secara daring? Padahal dibutuhkan diskusi bersama kelompok ketika tahapan investigasi dilaksanakan. Tidak usah berfikir panjang dan segera mulai tahapan yang bisa dilakukan.

Langkah awal kegiatan ini adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Materi yang akan dipelajari adalah kegiatan ekonomi. Selanjutnya aplikasi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan juga segera dipilih. Adapun aplikasi yang digunakan pada saat penerapan pembelajaran adalah whatsapp, Youtube, perekam suara, dan platform google. Untuk menambah referensi materi yang akan dipelajari bersama siswa, portal Rumah Belajar juga dipilih sebagai sumber belajar guru.