Unikal, Kampus Siaga Candi

by
PUKUL - Pemukulan gong sebagai simbolisasi diresmikannya Unikal menjadi kampus siaga candi oleh Wakapolres Pekalongan Kota, Kompol Gangsar Subagyo didampingi oleh Walikota Pekalongan beserta Rektor Unikal.

KOTA – Universitas Pekalongan (Unikal) melaunching kampus siaga candi yang diresmikan oleh Polres Pekalongan Kota sebagai wujud komitmen untuk turut serta dalam pencegahan Covid-19. Segala persiapan protokol kesehatan di dalam maupun luar kampus sudah dilakukan sejak lama awal kemunculan Covid 19. Demikian disampaikan Rektor Unikal Suryani SH MHum kepada Radar Pekalongan, Kamis (24/9/2020).

“Untuk proses pembelajaran maupun perkualihan sendiri kami masih melakukan sistem daring, rutin penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan, kami juga telah mengirim relawan sejumlah 95 orang dari mahasiswa-mahasiswi kami untuk mendukung dan membantu Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan yang ditempatkan di beberapa rumah sakit, exit tol, maupun kelurahan. Selain itu, kami juga memberikan bantuan APD untuk petugas medis di rumah sakit maupun mengadakan kegiatan KKN secara mandiri oleh mahasiswa di lingkungan mereka tinggal untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan,” tandas Suryani.



Sementara itu, Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas langkah yang dilakukan jajaran kepolisian dari Polres Pekalongan Kota yang telah menginisiasi pencanangan Unikal sebagai salah satu Kampus Siaga Candi di Kota Pekalongan yang diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kalangan mahasiswa dan pelajar untuk menerapkan disiplin prokes sebagai upaya meminimalisir wabah Covid-19 di Kota Pekalongan.

“Kampus Unikal yang merupakan kampus kedua dicanangkan sebagai kampus siaga candi ini kami berharap sebagai pioneer percontohan dalam mematuhi protokol kesehatan, mengingat kasus Covid-19 ini semakin bertambah dan tidak hanya merambah di lingkungan warga dan sektor kesehatan saja, melainkan juga sudah meluas di lingkungan perkantoran. Oleh karena itu, kami sangat menyambut gembira atas pencanangan kampus siaga candi ini untuk bersama-sama berpartisipasi menerapkan protokol kesehatan melalui 4 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” terang Saelany.

Saelany juga menekankan bahwasannya civitas akademika kampus juga diharapkan bisa terjun langsung memberikan contoh penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.