Operasi Bilangan Bulat dengan Media Motul di Masa Pandemi Covid-19

by

Oleh :
Wiwin Eko Sektiyo Bekti,S.Pd.SD
Guru Kelas SD Negeri Larikan, Kabupaten Pekalongan

“Aku rindu sekolah”, itulah kalimat sederhana yang muncul dari bibir mungil anak-anak didik kami. Semenjak diberlakukannya pembatasan aktivitas sosial secara nasional karena merebaknya Virus COVID-19, membuat dunia pendidikan seakan mati suri. Jelas saja karena Virus yang diduga berasal dari Cina itu sangat mematikan dan penularannya begitu cepat. Dunia pendidikan menjadi salah satu yang ikut merasakan dampak dari COVID-19. Dari pertengahan bulan Maret 2020 sampai saat ini, sekolah-sekolah diseluruh wilayah masih belum bisa melakukan kegiatannya seperti sedia kala karena khawatir dengan penularan virus tersebut.

Sejak ditutupnya akses kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sedikit banyak memunculkan masalah baru. Sekolah harus berjalan akan tetapi tidak boleh mendatangkan siswa, lalu bagaimana. Instruksi yang diberikan pada satuan pendidikan tidak memperbolehkan melakukan kegiatan belajar di kelas tentunya membuat kami para guru harus berpikir keras agar peserta didik kami tetap mendapatkan materi pelajaran. Kami paham betul bahwa proses belajar tanpa interaksi langsung tentu akan sulit. Dari situasi ini maka kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan dengan sistim daring atau online guna meminimalisir dan mencegah penyebaran COVID-19.

Pembelajaran menggunakan sistim daring atau online pada SD Larikan tak selancar dan semulus seperti mengirim sebuah pesan, apalagi diterapkan dalam pembelajaran matematika akan terasa sulit, Guru dituntut untuk senantiasa berperan aktif serta eksis, dan berkreativitas yang tinggi dengan menciptakan hal-hal yang baru dalam menghadapi masalah pembelajaran di masa Covid, dalam mengatasi masalah di masa pandemi guru menggunakan media pembelajaran secara online untuk mempermudah pemahaman siswa.



Permasalahan yang dihadapi penulis sebagai guru kelas VI dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung operasi bilangan bulat dikarenakan sistim pembelajaran yang dilakukan menggunakan daring sehingga berakibat tidak bisa tatap muka dan tanya jawab dengan guru secara langsung. Apabila siswa kurang memahami materi, guru tidak bisa memantau perkembangan siswa, hanya siswa tertentu saja yang berani menanyakan permasalahannya.

Operasi bilangan bulat penulis ajarkan pada salah satu KD 4.1 menggunakan konsep bilangan bulat negative (termasuk menggunakan garis bilangan) untuk menyatakan situasi sehari-hari kelas VI SD Negeri Larikan, untuk mengajarkan materi ini, penulis menggunakan media pembelajaran Motul untuk mempermudah mempelajari operasi hitung bilangan bulat. Media Motul merupakan media yang memanipulasi garis bilangan dengan menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Power Point. Garis bilangan dimanipulasi dengan menggunakan jalan raya yang dilengkapi bilangan bulat berderet seperti garis bilangan serta mobil balap sebagai media penanaman konsepnya. Cara kerja serta penerapan operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan media Motul dengan menggunakan lagu yang nantinya disepakati terlebih dahulu. Lagu yang dibuat mencerminkan langkah dan cara kerja media Motul dalam menerapkan operasi hitung bilangan bulat. Penggunaan media Motul memiliki aturan-aturan yang harus disepakati oleh guru dan siswa sehingga dapat menggunakan media ini dengan baik. Aturan dalam penggunaan media Motul yaitu Pergerakan mobil diawali dari titik nol, bilangan positif ditandai dengan bergerak ke arah kanan, bilangan negatif ditandai dengan bergerak ke arah kiri, penjumlahan ditandai dengan mobil bergerak maju, pengurangan ditandai dengan mobil bergerak serta jika setelah penjumlahan atau pengurangan bertemu dengan bilangan negatif mobil berbalik arah.

Melalui media Motul ini, penulis menyimpulkan bahwa siswa merasa lebih bersemangat serta memudahkan siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena siswa dapat menerapkan pembelajaran secara langsung melalui permainan dalam Microsoft Power Point. Selain itu, media Motul siswa dapat mengikuti alur materi secara berurutan, hal ini membuka pola pikir siswa sesuai dengan arah konsep materi sehingga siswa mudah mempelajari konsep operasi hitung bilangan bulat.