90 Persen Rumah di Dukuh Simonet Terendam Rob

by
ROB - Akibat kena banjir rob, tiang listrik di wilayah Pemukiman Dukuh Semonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto ambruk.

WONOKERTO – Pemukiman Dukuh Semonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto, Selasa (22/09/2020), kembali terendam banjir Rob. Ketinggian air mencapai 30 sampai 50 centimeter.

Informasi yang diperoleh, air rob masuk kepemukiman warga sejak tiga hari lalu. Tercatat Dukuh Semonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto ada 54 rumah. 90 persen rumah terendam air karena berada disebelah utara tanggul raksasa.

Meski air rob masuk pemukiman, sejumlah warga tetap bertahan. Namun adapula yang mengungsi ke rumah sanak saudara yang lebih aman.
Hal itu dibenarkan Sekretaris Desa Semut Kecamatan Wonokerto, Winarso, ketika dihubungi, Selasa (22/9/2020). Menurutnya, sudah sekitar tiga hari lalu pihaknya mendapat laporan dari warganya bahwa air Rob kembali naik ke pemukiman.



“Berdasarkan catatan kami, di Dukuh Semonet Desa Semut Kecamatan Wonokerto ada 54 rumah dan sekitar 90 persen terendam. Meski demikian sejumlah warga ada yang tetap bertahan,” katanya.

Diterangkan, saat ini di Dukuh Semonet Desa Semut terdapat 70 Kepala Keluarga. Padahal sebelumnya lebih banyak. Hal dikarenakan banyak warga sengaja berpindah untuk menghindari air rob yang kerap melanda wilayah sekitar.

“Ada yang sudah pindah ke wilayah Blacanan karena wilayah sekitar sering terendam banjir meskipun tidak musim penghujan,” lanjutnya.(yon)