Problem Desa Diselesaikan Tingkat Bawah

by
HADIRI - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri pengajian di Pekajangan

**’Kricikan Jangan Jadi Grojokan’

KAJEN – Koordinasi dan komunikasi yang baik di tingkat desa menjadi kunci utama dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di tingkat bawah. Untuk itu para Kepala Desa dalam meciptakan pemerintahan yang baik harus senantiasa mengedepankan hal tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Inspektor Kabupaten Pekalongan, Ali Reza saat kegiatan PWI di Aula Kecamatan Karanganyar, pekan kemarin. Menurutnya, permasalahan di tingkat desa cukup Komplek karena disitulah pemerintah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Namun demikian permasalahan tersebut diharapkan bisa diselesaikan ditingkat desa.

“Jangan sampai gara gara pajak hanya sedikit itu sampai di kantor kita, sampai di Kantor Pak Kasi (Kejaksaan) dan Pak Kasat (Polres Pekalongan). Jadi begitu dilantik Style kepemimpinan itu harus disetel sejak awal untuk bisa mengayomi, bisa memimpin masyarakat dengan baik, ” ungkapnya.

Ditegaskan, akar permasalahan yang ada di masyarakat atau paling bawah, bisa dengan cepat diselesaikan dengan baik. Sehingga masalah kecil tidak melebar bahkan menjadi besar.

“Kalau bisa permasalahan diselesaikan tingkat desa dan kuncinya itu ada di Pak Kepala Desa. Jadi kalau ada kricikan jangan sampai menjadi grojokan. Selesaikan dengan lembaga BPD, kalau desa tak bisa menyelesaikan maka bisa koordinasi melalui Pak Camat,” ujarnya.