Lonjakan Covid di Kendal Mengkhawatirkan

by
PERKEMBANGAN - Sekda Kendal, Moh Toha paparkan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal yang sangat mengkawatirkan kepada media.

*Tiap Hari Terkonfirmasi 20 Kasus Baru
*Dua Klaster Pesantren Ditemukan

KENDAL – Kasus perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kendal melonjak signifikan dalam beberapa hari ini. Kalau sebelumnya data konfirmasi positif mencapai 10 kasus dala satu hari, kini angkanya naik menjadi 20 orang yang terkonfirmasi positif setiap harinya. Selain klaster perkantoran pemerintah dan keluarga, kini juga muncul klaster pesantren.

“Di Kabupaten Kendal dua pesantren menjadi klaster penyebaran corona. Yakni, satu pesantren di Kecamatan Patean dan satu peantren di Kota Kendal,” kata Sekda Kendal, Moh Toha, saat jumpa pers dengan awak media, Senin (21/9). Selain Satpol PP, konpers juga diikuti dari Polres Kendal dan Kodim Kendal.



Toha mengungkapkan, perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kendal terus meningkat. Hingga kemarin jumlah yang terpapar corona mencapai 768 orang dan meninggal 47 orang. “Kondisi itu sangat mengkhawatirkan. Jika dibuat persentase angkanya antara lima hingga enam persen,” ungkapnya.

Toha menyatakan, jika beberapa waktu lalu penyebaran ada di pasar, tempat pelayanan, toko, dan sebagainya. Namun sekarang tak hanya keluarga, namun pesantren juga menjadi klaster penyebaran virus corona.

“Di salah satu pesantren ada sekitar 12 – 13 orang terpapar. Semua, baik tempat pelayanan, toko, pasar, klaster keluarga hingga pesantren jadi konsen perhatian kita,” tandasnya.