Covid-19 di Kota Santri Kian Melonjak

by
RAPID TEST - Dinas Kesehatan menggelar rapid test gratis di Taman Boulevard, Kota Kajen, Minggu (20/9/2020) pagi. Dari 72 orang yang menjalani rapid test, satu orang reaktif.

*Ditemukan 11 Klaster Rumah Tangga, 3 Klaster Perkantoran, dan 1 Klaster Pasar

KAJEN – Di era kebiasaan hidup baru, kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan trennya meningkat cukup signifikan. Dalam lima hari terakhir, ada penambahan 28 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Santri.

Hingga Minggu (20/9/2020), berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat secara akumulasi terdapat 164 kasus terkonfirmasi Covid-19. Dengan rincian, 16 orang dirawat, 87 orang sembuh, 49 orang menjalani isolasi mandiri, dan 12 orang meninggal dunia.

“Untuk data terakhir semalam yang saya dapatkan dari Balai Laboratorium Kesehatan di Semarang, ada penambahan menjadi 164 kasus. Yang sembuh juga meningkat ada 87 kasus. Ini patut kita syukuri angka kesembuhannya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Minggu (20/9/2020), disela-sela kegiatan rapid test gratis di Taman Boulevard, Kota Kajen.

Meski angka kesembuhan meningkat, lanjut dia, angka kasus masih meningkat. Bahkan, eskalasi peningkatannya cukup signifikan.
“Ini harus dicermati dan diwaspadai bersama jika pandemi ini belum selesai. Ayo masyarakat bersama-sama menerapkan protokol kesehatan, yakni gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak),” ujar Wawan.

Menurutnya, penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan sebagian besar dari hasil tracking temuan kasus sebelumnya. “Kita mengutamakan hasil tracking, sehingga tidak terjadi penyebaran yang lebih luas. Hasil tracking ini selalu kita kembangkan,” ujar dia.