Jangan Sampai Muncul Klaster Baru Wisata

by
EDUKASI - Bupati Wihaji saat memberikan sambutan dalam sebuah acara. Dia meminta edukasi protokol kesehatan terus dilakukan ke masyarakat.

BATANG – Pariwisata di Kabupaten Batang tengah berupaya bangkit di masa pandemi. Bupati Batang, Wihaji berharap, operasional wisata di tengah pandemi ini terus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Jangan sampai muncul klaster-klaster baru, khususnya klaster wisata.

“Untuk pariwisata yang penting protokol pariwisata dijalankan dengan baik dan dilaksanakan secara konsekuen. Jangan sampai muncul klaster-klaster baru, seperti wisata. Kalaupun nanti muncul klaster baru di mana saja, segera kami tutup,” tegas Wihaji saat diwawancarai Radar Pekalongan beberapa waktu lalu.

Wihaji juga membenarkan banyak masyarakat yang masih abai terhadap protokol kesehatan. Karena itu, ia juga berharap pengelola pariwisata dan masyarakat terkait untuk tegas dan saling mengedukasi terkait penerapan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

“Kalau dilihat di jalan-jalan, di sepanjang Pantai Sigandu, kadang masih kita temui masyarakat yang masih cuek untuk menjaga protokol kesehatan. Harapannya pengelola wisata juga bisa tegas, semisal ada pengunjung yang tidak bermasker tidak diperbolehkan masuk ke area wisata. Dan masyarakat di manapun berada saya minta kesadarannya untuk menerapkan protokol kesehatan dan juga edukasi masyarakat di sekitarnya,” harap Wihaji.

Pihaknya juga akan tetap melaksanakan pantauan rutin ke tempat-tempat wisata yang ada di Batang. Upaya itu melibatkan Satpol PP, TNI, Polri juga dibantu relawan untuk pendisiplinan protokol kesehatan.

“Camkan betul protokol kesehatan ini. Nanti kita akan melakukan tindakan terhadap proses protokol kesehatan di tempat-tempat wisata. Satpol PP akan bergerak, relawan bergerak, TNI Polri bersama kita dalam penanganan pendisiplinan protokol kesehatan,” pungkasnya. (nov)