Pentingnya Konsisten Bangun School Branding

by
SAMPAI - Kepala Dindik Kota Pekalongan sedang menyampaikan sambutan kepada para peserta.

KOTA – Setiap sekolah penting untuk memiliki school branding atau citra tertentu karena hal tersebut sebagai acuan siswa untuk belajar yang sesuai dengan visi misi sekolah. Disamping itu, school branding diperlukan dalam rangka menghapus dikotomi pendidikan ekslusif dan non ekslusif. Dengan brand itu, sekolah bisa menjual produk unggulannya ke masyarakat dan diharapkan dapat menjadi solusi pemerataan siswa. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Soeroso MPd saat membuka kegiatan Peluncuran Branding Sekolah, Website dan Youtube Channel SDN Keputran 06 Pekalongan, bertempat di Halaman Kampus 2 SDN Keputran 6 setempat, Jumat (18/9/2020).

“Memiliki brand sekolah (school branding) itu sangat penting, karena tidak sekedar jadi ciri khas, sekolah mesti benar-benar menjaga dan mengembangkannya mutu dan kualitas sekolahnya. Dari situ masyarakat bisa memilih sekolah yang diinginkan berdasarkan brand. Jadi tantangan terberat saat kita membranding sesuatu yaitu bisakah kita mewujudkan branding itu kalau tidak, ya akan sama seperti yang lain, ada tetapi seperti tidak pernah ada. Kalau sekolah sudah memiliki brand berarti mau siapapun dia yang mau masuk kesini, asalnya dari mana, keluarnya akan menjadi seperti itu sesuai school brand yang diusung misalnya menjadi sekolah yang karakter outputnya mencetak siswa-siswi yang berkarakter juga atau juga sekolah yang berbasis IT outputnya diharapkan akan mencetak siswa-siswi melek dan ahli IT,” tutur Soeroso.

Soeroso sangat mengapresiasi atas upaya SDN Keputran 6 yang telah mencetuskan dan meresmikan school brand yang didalamnya memiliki filosofi dan makna tersendiri. Menurut Soeroso, pencitraan Sekolah atau School Branding adalah suatu cara seseorang membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya, adalah citra visual dan pesan yang masuk atau terekam di memori seseorang ketika mendengar nama sebuah sekolah disebut dalam percaturan sekolah yang massal, banyak sekali.
Pihaknya mengingatkan, usai school brand digagas,sekolah diminta mampu terus meningkatkan citra siswa maupun sekolah dengan menciptakan berbagai macam inovasi melalui program-program yang nantinya akan memperkuat ciri khas atau branding tersebut.

“Tantangan sesungguhnya adalah mengenalkan school brand ini ke masyarakat. Brand harus memiliki ciri khas dan karakter tersendiri, dengan begitu brand SDN Keputran 6 ini akan langsung diingat oleh masyarakat, meskipun banyak sekolah dasar lainnya di wilayah Pekalongan. Semoga dengan dilaunchingnya brand sekolah ini SDN Keputran 6 bisa menjadi sekolah yang dicita-citakan bersama, menjadi sekolah yang berkarakter yang punya identitas dan berbeda dari lainnya namun tidak merasa ekslusif,” pesan Soeroso.