Tiga Perpusdes Dapat Bantuan Buku Hingga Komputer

by
SERAHKAN BANTUAN - Kepala Disperpuska Batang dan jajarannya saat menyerahkan bantuan buku, komputer dan rak ke Perpusdes Kecepak, Rabu kemarin.

BATANG – Tiga perpustakaan desa (Perpusdes) di Kabupaten Batang mendapatkan bantuan buku siap layan hingga perangkat komputer. Bantuan diserahkan oleh Kepala Disperpuska Batang, Rahmat Nurul Fadilah dan jajarannya, Rabu (16/9/2020).

Adapun dua desa mendapatkan bantuan dari Perpusnas RI, yakni Perpusdes Kecepak Kecamatan Batang dan Perpusdes Brayo Kecamatan Wonotunggal, berupa 1 unit televisi, rak buku, buku, komputer dan printer. Sementara satu lagi Perpusdes Keteleng Kecamatan Blado mendapatkan bantuan 2 unit komputer dari Coca Cola Foundation.

“Untuk Perpusdes Kecepak dan Brayo, ini hibah langsung dari Perpusnas RI berupa bantuan buku siap layan ke perpustakaan desa tahun 2020, sementara satunya lagi hibah dari Coca Cola Foundation untuk Perpusdes Keteleng. Karena dulu kan kita punya riwayat kerjasama panjang dan bagus dengan Coca Cola Foundation lewat program Perpuseru,” ungkap Kepala Disperpuska Batang, Rahmat Nurul Fadilah, Kamis (17/9/2020).

Dia berharap, bantuan buku hingga perangkat komputer tersebut bisa meningkatkan kualitas layanan perpusdes. Tujuannya agar kehadiran perpustakaan benar-benar memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Ya ini bagian dari semangat transformasi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial. Bahwa ke depan perpustakaan harus dirancang untuk memberikan manfaat yang tinggi bagi masyarakat,” terang Rahmat.

Karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk minimal mampu menghadirkan layanan perpustakaan di setiap desa. “Visi kami adalah Batang cerdas literasi, maka perpustakaan harus dibangun di setiap desa. Setelah ini terpenuhi, secara bertahap pengelolaannya kita upgrade terus agar bersemangat inklusi sosial tadi,” jelasnya. (sef)