Terapkan Sekenario Cegah Penyebaran Covid

by
Hevy Indah Oktaria Ketua KPU Kendal

KENDAL – Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat pemungutan suara (TPS) saat Pilkada Kendal 2020, pada 9 Desember, mendatang KPU Kendal telah melakukan beberapa sekenario. Yakni mulai dari penyediaan APD untuk petugas, sabun cuci tangan, hand sanitizer, disinfektan dan sarung tangan sekali pakai untuk pemilih sehingga tidak bersentuhan langsung dengan paku.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, untuk pemberian tinta bagi masyarakat yang sudah menyalurkan hak pilihnya tidak lagi dilakukan dengan mencelupkan jari ke dalam botol tinta, akan tetapi petugas TPS yang memberikan tinta kepada pemilih.

“Nanti petugas TPS yang akan meneteskan tinta ke jari pemilih, sehingga tak lagi mencelupkan jari ke botol berisi tinta,” katanya, Kamis (17/09/2020).

Hevy mengungkapkan, dengan adanya sabun dan hand sanitizer, pemilih yang akan menyalurkan haak suaranya sebelum masik TPS harus mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan tersebut. Selain itu, nantinya juga akan dilakukan pengaturan waktu kedatangan pemilih sehingga tak terjadi penumpukan pemilih di TPS.

“Jumlah yang menunggu di TPS nanti akan dibatasi. Makanya akan dilakukan pengaturan waktu kedatangan pemilih. Supaya tak ada antrian di TPS. KPU RI akan membangun sekenario pengaturan waktu. Kita tunggu saja ;petunjuk lebih lanjut,” ungkapnya.