Sejumlah Jembatan di Kota Batik Dipercantik

by
CAT WARNA WARNI - DPUPR Kota Pekalongan melakukan pengecatan sejumlah jembatan di Kota Batik dengan cat warna warni, salah satunya di Jembatan Gambaran.

KOTA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan saat ini tengah mempercantik sejumlah jembatan yang ada di Kota Pekalongan, dengan melakukan pengecatan dengan cat warna warni.

Salah satu yang sedang dilakukan pengecatan adalah Jembatan Gambaran, di Jalan Manggis. Sejumlah pekerja sejak beberapa hari lalu terlihat sedang mengecat rangka besi jembatan dengan cat warna-warni menyerupai pelangi. Hal yang sama juga dilakukan terhadap Jembatan Slamaran dan Jembatan Seruni.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan DPUPR setempat, Abdul Rozak, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari pemeliharaan dan perawatan jembatan yang ada di Kota Pekalongan. Selain dilakukan pengecatan, kata Rozak, juga penggantian beberapa lampu penerangan jalan di jembatan.

“Jembatan Gambaran saat ini masih tahap pengecatan dan jembatan yang serupa yakni jembatan Slamaran dan jembatan Seruni masih tahap persiapan pengecatan masing-masing dengan anggaran Rp65 juta menggunakan pemeliharaan rutin jembatan,” ungkapnya, kemarin (17/9/2020).

Dia menyampaikan bahwa tahun ini alokasi anggaran dari APBD untuk perawatan dan pemeliharaan jembatan sebesar Rp400 juta.
Menurutnya, ada 103 jembatan dalam kota yang menjadi tanggung jawab DPUPR, karena adanya pandemi Covid-19 tahun ini tak ada pembangunan jembatan. “Ini sudah setengah tahun berjalan kami telah melakukan pemeliharaan dan pengecatan 20 jembatan atau kisaran 20%,” papar Rozak.