Pengedar Narkoba Mulai Incar Lapas

by
GAGALKAN - Petugas Lapas Kelas IIA Kendal berhasil menggagalkan upaya penyelundupan obat terlarang jenis excimer ke dalam lapas.

**Beruntung, Aksi Pengedar Digagalkan
**Disita Enam Paket Obat di Botol Sampo

KENDAL – Pengedar saat ini mulai merambah ke lembaga pemasyarakat (Lapas). Seperti yang terjadi di Lapas Kelas IIA Kendal. Beruntung, niat jahat memasukkan obat terlarang jenis excimer ke dalam lapas yang berlokasi di pusat Kota Kendal dapat digagalkan.

Adalah Giffari Bima Ramadhan, petugas penjaga pintu utama (P2U) yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut pada Rabu (16/09/2020) sore sekitar pukul 16.15 WIB.

Hal itu dibenarkan Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Kendal, Samsul Hidayat, Kamis (17/09/2020). Kata dia, peristiwa itu berawal ketika petugas P2U menerima titipan barang dari seorang pengantar untuk diserahkan kepada seorang warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lapas tersebut. Sesuai standar operasional prosedur (SOP), petugas memanggil narapidana yang akan menerima kiriman barang dan mengecek jenis dan jumlahnya.

“Ketika mengecek botol shampho, ditemukan 6 paket obat terlarang tersebut. Yang membawa seorang ibu, berinisial SI (55) warga Rowosari. Ibu tersebut juga membawa sejumlah makanan,” kata mantan Kalapas Kuningan itu.

Kalapas selanjutnya memerintahkan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP), Bambang Widianto, berkoordinasi dengan Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Kendal. Pihaknya juga menyerahkan barang bukti ke pihak kepolisian untuk dilakukan pengembangan penyelidikan. “Perang melawan narkoba dan obat-obatan terlarang adalah komitmen kami,” tandasnya.