Bangun Rest Area, PT Rosalia Indah Siap Berdayakan 40 Persen Tenaga Lokal

by
Perwakilan PT Rosalia Indah Mitra Sentosa Afriadi didampingi Pancoro Adi Admaja saat meninjau lokasi proyek pembangunan rest area KM-319 jalur B Tol Pemalang-Batang. M DHIA THUFAIL

*Di Ampel Gading, Pemalang

PEMALANG – PT Rosalia Indah Mitra Sentosa selaku pengembang proyek pembangunan rest area di KM-319 jalur B Tol Pemalang-Batang masuk wilayah Desa Ampel Gading, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Pemalang, berkomitmen akan memberdayakan tenaga lokal sebanyak 40 persen.

Hal itu dibenarkan oleh Afriadi, selaku Perwakilan PT Rosalia Indah Mitra Sentosa, saat ditemui awak media di lokasi pembangunan rest area, Kamis (17/9/2020) siang.

Afriadi mengatakan, bahwa pihaknya akan memberdayakan semua lini masyarakat lokal dalam taraf pembangunan rest area seluas 8,79 hektar ini.

“Ada 30-40 persen masyarakat lokal yang akan kita berdayakan untuk pembangunan rest area ini. Mulai dari penimbunan tanah (di lokasi rest area) hingga pembangunan konstruksi,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mempekerjakan masyarakat lokal untuk jaga malam, mengamankan lokasi pembangunan rest area, alat berat dan material bangunan.

Tak hanya itu, kata dia, PT Rosalia Indah juga akan menyediakan tempat bagi masyarakat setempat untuk memasarkan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Untuk mendukung kearifan lokal, maka kita sediakan tempat untuk pemasaran produk UMKM warga lokal sebesar 30 persen,” bebernya.

Afriadi berharap, masyarakat setempat untuk mendukung percepatan proyek pembangunan rest area di Desa Ampel Gading, Kabupaten Pemalang ini sesuai target yang ditetapkan.

“Kami menargetkan proyek pembangunan rest area berklasifikasi A ini dapat digunakan secara fungsional pada perayaan Hari Natal 2020 dan Tahun baru 2021. Kemudian dapat dimanfaatkan secara penuh pada saat Lebaran 2021,” paparnya.

Menurut Afriadi, pembangunan proyek rest area ini atas permintaan Bupati Pemalang, adanya izin dari Kementerian PU, dan untuk keselamatan pengguna jalan.

Ia mengatakan PT Rosalia Indah berkomitmen tidak akan merugikan warga pada proses pembangunan proyek. Artinya, bagi warga yang terdampak akan diberikan kompensasi.

Ia mengatakan di lokasi rest area itu nantinya akan dibangun beberapa bangunan, berupa kios, tempat parkir kendaraan, toilet gratis, SPBU, masjid, dan rumah makan. “Insya Allah, fasilitas di rest area ini akan ada semua,” ucapnya..

Sementara itu, Sekretaris Desa Ampel Gading, Bahrudin mengatakan, bahwa pihak Pemerintah Desa Ampel Gading menyambut baik atas pembangunan rest area di wilayahnya. Sebab, melalui pembangunan rest area itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Masyarakat Ampel Gading mendukung pembangunan rest area KM-319 jalur B ini, karena nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga. Oleh karena itu, pembangunan rest area ini tidak sampai menimbulkan gejolak, kondisi warga juga tetap kondusif,” tandasnya. (rls)