Penyelesaian Master Plan dan Keputusan PSN masih Ditunggu

by
TINJAU LOKASI - Bupati Wihaji bersama Manajer PLN UP3 Pekalongan, Joko Hadi Widayat serta rombongan kepala OPD Pemkab Batang meninjau lokasi KIT Batang, Selasa (16/9/2020).

*Demi Percepatan Realisasi KIT Batang

BATANG – Progres pembangunan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang digadang-gadang Presiden Joko Widodo sebagai lokasi relokasi industri asing, ternyata tidak lepas dari masalah. Masalah tersebut juga saling terkait, dari pusat sampai daerah, salah satunya soal belum selesainya master plan hingga Keputusan soal Proyek Strategi Nasional (PSN).

Belum rampungnya kedua hal itu membuat pemerintah daerah juga belum bisa mengurus perizinan yang dibutuhkan. “Kemarin dari hasil rapat dengan konsorsium KIT Batang, ada beberapa problem yang harus diselesaikan secara serentak,” kata Bupati Batang, Wihaji, saat mengunjungi lokasi KIT di Desa Ketanggan, Gringsing, Rabu (16/9/2020).

Permasalahan yang dihadapai terkait dengan perizinan yang saling terkait, sehingga harus diurai bersama agar proyek infrastruktur yang ditarget sampai Desember 2020 tetap selesai sesuai jadwal.

“Perintah Pak Presiden, tugas Pemda kewenanganya di perizinan. Maka kita permudah tapi dengan tidak menyalahi aturan,” ungkapnya.

Dalam permaslahan ini, Wihaji juga sudah perintahkan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) untuk mencari solusi secepatnya.