Puluhan Warga Sawangan Geruduk BPN

by
DATANGI BPN - Puluhan warga Desa Sawangan, Kabupaten Batang, Rabu (16/9/2020) mendatangi kantor BPN Batang.

Ketua Tim 3 BPN Batang, Sugiharto mengatakan, bahwa hingga sampai sekarang ini pihaknya belum menerbitkasn satu sertifikatpun untuk Desa Sawangan. “Saya sudah melaporkan, ada 744 sudah proses penerbitan. Tetapi secara fisiknya, berkas itu belum ada, baru secara elektronik aja,” katanya.

“Saya berani mengatakan bahwa di Desa Sawangan belum terbit, karena sampai dengan tadi malam, data yang kami scan dari 7 desa, itu ada 2 desa yang belum kami scan, yaitu Desa Sawangan dan Desa Pesaren. Sebab, surat ukur dan buku tanahnya belum kami scan. Kenapa kok belum kami scan, karena bahannya belum ada,” imbuhnya.

Ia mengatakan, bahwa yang sudah dilakukan oleh pihaknya saat ini baru tahap proses entri data, untuk mendapat nama dan alamatnya, yang nanti akan dikroscek dengan hasil pengukuran.

“Inipun bukan hal yang mudah, karena ada kalanya diberkas yuridisnya tercatat atas nama Sugiharto, tapi ternyata setelah di kroscek dengan data fisiknya ternyata terjadi permasalahan, bukan itu barangnya. Maka harus ada validasi/kroscek antara data yuridis dengan data fisik,” terangnya.

Ia pun menegaskan, bahwa 156 berkas itu belum tentu menjadi sertifikat. “Beri kami kesempatan untuk mengoreksi dan mencermati berkas 156 tersebut. Kapan itu jadinya, kami berusaha semaksimal mungkin,” tandasnya. (fel)