Puluhan Warga Sawangan Geruduk BPN

by
DATANGI BPN - Puluhan warga Desa Sawangan, Kabupaten Batang, Rabu (16/9/2020) mendatangi kantor BPN Batang.

“Kami tidak pernah menerima pendaftaran 156 berkas, namun sekelompok orang itu langsung mendaftarkan ke BPN. Adapun 156 berkas itu sudah terbit SHM dan tinggal menunggu cetak buku sertifikat saja,” terangnya.

Ia mengatakan, saat ini tanah yang kini masih menjadi sengketa tersebut sudah ditempati atau dibangun rumah oleh 724 keluarga.

“Karena itu, kami berharap BPN membatalkan penerbitan 156 berkas tanah yang kini sudah diproses menjadi SHM. Kami khawatir apabila kasus sengketa tanah ini dimenangkan oleh ahli waris maka akan terjadi pertumpahan darah di Desa Sawangan,” katanya.

Ditambahkan dia, dari hasil pertemuan tersebut juga muncul tiga pokok utama yang menjadi pembahasan yaitu, pertama, jika ahli waris tetap menginginkan tanah tersebut maka silahkan mengajukan gugatan khusus ke Pengadilan Negeri.

Kedua, jika muncul akta van dading (akta perdamaian) di mana kekuatan hukumnya setara dengan putusan pengadilan, maka yang ketiga Pemerintah Desa akan patuh terhadap putusan Pengadilan Negeri.

“Namun sejauh ini dari pihak ahli waris tidak pernah menempuh apa yang sudah menjadi kesepakatan kami di biro hukum Setda Jawa Tengah pada tanggal 5 Maret 2020 lalu,” jelasnya.