Puluhan Warga Sawangan Geruduk BPN

by
DATANGI BPN - Puluhan warga Desa Sawangan, Kabupaten Batang, Rabu (16/9/2020) mendatangi kantor BPN Batang.

*Desak Sertifikasi Tanah Warisan Dibatalkan

BATANG – Puluhan warga Desa Sawangan, Kabupaten Batang, Rabu (16/9/2020) kemarin menggeruduk kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang di Jl Dr Sutomo Batang. Mereka menuntut proses penyertifikatan tanah warisan yang diajukan oleh ahli waris agar dibatalkan.

Warga Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing menilai tanah seluas 61,7 hektare yang berada di wilayah desa tersebut masih berstatus tanah kas desa yang selama ini dirawat oleh Pemerintah Desa Sawangan dan warga setempat.

Kepala Desa Sawangan, Ali Hafid mangatakan, bahwa kedatangan warga ke kantor BPN Batang ini menuntut kejelasan status tanah dan menanyakan 156 berkas tanah yang kini sudah beralih menjadi 10 sertifikat hak milik (SHM).

“Oleh karena itu, kami menuntut BPN membatalkan 156 berkas itu karena tanah itu merupakan tanah kas desa dan bukan tanah waris. Selama ini, tanah itu dirawat oleh pemdes dan warga setempat,” katanya.

Menurut Ali Hafid, penerbitan 156 berkas tanah yang sudah menjadi SHM itu tidak diketahui oleh Pemerintah Desa Sawangan sehingga proses penyertifikatan tanah tersebut ada indikasi penyimpangan atau tidak sesuai prosedur.