Ringankan Beban Warga Saat Pandemi, Keluarga Ini Rela Pasang Wifi Gratis

by
SEADANYA - Dengan kondisi yang masih terdampak luapan rob rumah Ahmad Jais jadi tempat anak Bugisan dapatkan wifi gratis.

KOTA – Membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti dilakukan Arif Rahman Hakim, warga Bugisan, Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, yang terpanggil untuk menyediakan sarana spot wifi gratis di lingkungan rumahnya. Dia ingin membantu anak-anak usia sekolah yang sejak pandemi harus belajar dari rumah secara daring.

Demikian disampaikan Ahmad Jais, ayah Arif Rahman Hakim, ketika ditemui di rumahnya, Selasa (15/9/2020). “Ini inisiatif anak saya yang menempati rumah ini. Sudah hampir 3 bulanan di sini ramai jadi tempat belajar anak-anak. Dan ini benar-benar gratis bisa dipakai anak-anak sini hingga malam,” ungkapnya.

Diceritakan Ahmad Jais, inisiatif tersebut bermula dari aktivitas istri Arif Rahman Hakim yang juga seorang guru yang setiap hari menggunakan internet untuk mengajar. Akhirnya Arif langganan wifi dengan paket Rp 300 ribu per bulan. Tapi mereka berdua akhirnya berpikir, bahwa dipakai satu atau banyak orang biayanya tetap sama. Akhirnya Arif memempersilahkan anak-anak sekolah di lingkungannya untuk memanfaatkan internet secara gratis.

“Wifi ini kalau dipakai sendiri kan manfaatnya kurang. Jadi lebih baik dimanfaatkan untuk anak-anak kita yang kurang mampu untuk bisa meringankan beban mereka,” paparnya.

Terlebih, kondisi masyarakat Bugisan selama pandemi ini juga dinilai Arif cukup memprihatinkan. Belum lagi banjir rob yang mengancam setiap waktu. “Nah, kalau mereka masih dibebani dengan biaya beli kuota kan kasihan,” tukasnya.

Layanan wifi gratis ini juga sangat mudah diakses, karena user dan passwordnya terpampang di spanduk. ” “Saya bersyukur dan bangga anak saya berinisiasi begitu,” tutup Jais. (ap3)