Komisi C Minta RPH Kertoharjo Segera Digunakan

by
SIDAK - Komisi C DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke RPH Kertoharjo, belum lama ini. Komisi C berharap RPH tersebut bisa segera beroperasi.

KOTA – Komisi C DPRD Kota Pekalongan meminta agar Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) agar segera mengoperasionalkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kertoharjo. Diketahui, meski sudah dibuka secara resmi namun RPH tersebut belum beroperasi secara optimal. “Saya berharap RPH yang ada di Panjang Wetan segera dipindahkan ke sini,” kata Ketua Komisi C, Makmur S Mustofa dalam sidak yang dilaksanakan belum lama ini.

Menurutnya, RPH yang baru tersebut sangat representatif dengan kondisi bangunan yang juga sangat bagus. Dia justru khawatir jika tak segera digunakan maka kualitas bangunan akan menurun. “Padahal sudah bagus begini. Kalau tidak segera digunakan saya khawatir akan rusak,” tambah Mustofa.

Mengenai fasilitas penunjang yang belum lengkap, menurut Mustofa dapat dipenuhi secara bertahap. Yang terpnting, fasilitas utama yang dibutuhkan sudah siap sehingga bisa melayani pemotongan hewan.

“Kesiapan tempat sudah bagus, sudah memadai. Memang masih ada yang harus dilengkapi tapi itu bisa bertahap. Yang penting bisa pindah dulu karena RPH yang ada di Panjang Wetan sudah sangat tidak layak. Kondisinya banjir, sudah tidak nyaman dan tentu menjadi tidak steril,” ujarnya.

Kepala Dinperpa, Zaenul Hakim menjelaskan, ada beberapa fasilitas penunjang RPH yang harus dilengkapi diantaranya Ipal untuk limbah padat dan juga Ipal untuk limbah cair. Sedangkan untuk anggaran perubahan tahun 2020, Dinperpa mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp250 juta untuk dua kegiatan.