Cara Memulai Usaha Rumahan dari Uang Pinjaman Online

by
Source: Reddoorz.com

Membuka usaha rumahan bisa menjadi salah satu pilihan bisnis untuk dijalankan. Fleksibilitas yang ditawarkan oleh usaha ini membuat banyak yang tertarik untuk memulai usaha ini. Meski dilakukan dalam skala kecil atau rumahan, modal tetap menjadi kunci agar usaha ini bisa berjalan dengan baik.

Seperti yang diketahui, ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha. Mulai dari tabungan atau dari pinjaman online. Saat ini memang banyak aplikasi yang menyediakan layanan KTA online dengan syarat dan proses yang mudah. Dengan begitu, modal untuk usaha rumahan bisa dipenuhi. Lalu, setelah mendapatkan uang pinjaman online bagaimana cara memulai usaha tersebut?

1. Buat Rencana yang Matang

Source: Imindq.com

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang dari pinjaman, sebaiknya Anda sudah memutuskan sebuah rencana kemajuan usaha terlebih dahulu. Buatlah rencana akan ke manakah dana tersebut disalurkan, apakah untuk membeli alat produksi, pembiayaan promosi, atau menyewa tempat. Membuat rencana yang matang, akan membantu usaha berjalan lancar dan pinjaman uang pun dapat digunakan sesuai keperluan.

2. Ikuti Rencana

Setelah menerima uang yang banyak dari pinjaman online, terkadang timbul keinginan untuk menggunakan uang tersebut di luar keperluan usaha seperti belanja, makan-makan dan sebagainya. Tentunya ini tidak tepat.

Jika rencana awal meminjam uang untuk memulai usaha, maka jangan pernah menuruti keinginan tersebut. Tetaplah ikuti rencana awal yang telah dibuat. Jangan menggunakan sedikitpun dana tersebut untuk selain perencanaan anggaran yang telah dibuat, sehingga uang pinjaman tidak akan habis tanpa ada kemajuan usaha.

3. Jadikan Laba Sebagai Modal

Source: Creativemarket.com

Walaupun harus menggunakan keuntungan dari usaha untuk membayar utang, Anda harus tetap menambah modal dengan keuntungan tersebut. Misalnya, Anda adalah karyawan di perusahaan yang digaji setiap bulan. Ketika masih punya utang pinjaman, maka jangan mengambil laba terlebih dahulu, ambil gaji sebagai pemilik saja. Gunakan laba hanya untuk kepentingan usaha. Dengan begitu, modal awal yang Anda tanam akan semakin bertambah seiring berjalannya usaha dan usaha yang berjalan semakin lancar akan memudahkan membayar pinjaman online.

4. Buat Catatan Keuangan

Cara yang sangat diperlukan dalam mengelola pinjaman online adalah membuat catatan keuangan usaha. Tuliskan semua pemasukan, pengeluaran, dan besarnya utang pada catatan tersebut. Tulis juga setiap angsuran yang telah dibayar secara detail karena dapat memudahkan penghitungan arus kas perusahaan.

Melalui cara ini, Anda dapat melihat perkembangan usaha dan jumlah sisa hutang yang harus dibayar. Kalaupun keuangan usaha sedang menurun, Anda bisa mengetahuinya dengan cepat dan bisa segera mengambil keputusan yang berdasarkan catatan keuangan tersebut.

5. Sediakan Dana Khusus

Source: Thebalance.com

Berani mengambil pinjaman online, berarti juga harus berani untuk mengangsur pinjaman setiap bulan beserta bunganya. Usahakan untuk selalu membayar angsuran dengan tertib jika tidak ingin terbebani dengan denda.  Selain itu, biasakan menyimpan dana khusus untuk membayar angsuran yang bisa diambil dari laba usaha.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha rumahan, bisa meminjam modal dari aplikasi Tunaiku. Aplikasi pinjol ini termasuk ciri-ciri aplikasi pinjol yang aman karena telah terdaftar secara resmi di OJK. Selain itu, Tunaiku juga menawarkan pinjaman mulai dari Rp. 2 juta sampai dengan Rp. 20 juta dengan jangka waktu untuk melunasi pinjaman ini dimulai dari 6 bulan sampai 20 bulan.

Selain memiliki ciri-ciri aplikasi pinjol yang aman, bunga yang ditetapkan Tunaiku adalah sebesar 3% dan termasuk ke dalam bunga flat. Bunga flat yaitu bunga yang diberikan tetap 3% per bulannya dan tidak akan berubah. Tentunya perhitungan bunga seperti ini akan sangat membantu bagi masyarakat yang baru akan merintis usaha. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, pakai Tunaiku sekarang!