Sidak, Komisi B Temukan Pembuangan Limbah ke Sungai

by
TEMUKAN PEMBUANGAN LIMBAH - Pimpinan dan anggota Komisi B menemukan adanya pembuangan limbah ke sungai oleh salah satu perusahaan daat melakukan sidak dengan susur sungai, Selasa (15/9/2020).

KOTA – Komisi B DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak dengan cara susur sungai bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Selasa (15/9/2020). Sidak menggunakan perahu tersebut dilakukan dalam rangka mencari sumber pembuangan limbah yang selama ini banyak dilaporkan terjadi di Sungai Pekalongan.

Susur sungai dimulai dari Jalan Diponegoro dan terus berjalan ke arah selatan. Sampai di sungai wilayah Kuripan, rombongan menemukan adanya pipa pembuangan yang mengeluarkan air berwarna kehitaman. Melihat hal tersebut, pimpinan dan anggota Komisi B meminta agar DLH mendokumentasikan dan mengambil sampel air yang dibuang untuk selanjutnya dilakukan pengujian.

“Sangat memprihatinkan, menyesakkan dada. Kami temukan ada pembuangan limbah oleh perusahaan ke sungai. Kami akan tindaklanjuti temuan itu dengan rapat kerja. Semua sudah didokumentasikan melalui video serta foto dan itu akan menjadi dokumen kita. Kami akan tunggu hasil pengujian seperti apa untuk menjadi data dalam rapat kerja nanti,” tutur Ketua Komisi B, Abdul Rozak.

Selain yang terlihat secara langsung, pihaknya juga menemukan indikasi dari sejumlah perusahaan yang ingin menyembunyikan pembuangan limbah ke sungai dengan cara menanam saluran di bawah air. Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa mereka secara sengaja melakukan pelanggaran tersebut.

Lebih lanjut, Rozak mengatakan bahwa kerusakan di Sungai Pekalongan bukan lagi masalah sepele karena sepanjang sungai yang disusuri tidak ada titik yang dalam kondisi baik. “Untuk Pemkot, ini bukan masalah sepele. Pencemaran lingkungan ini sudah merusak ekosistem dan merugikan masyarakat karena kehilangan sumber daya alam sungai yang bersih,” tambahnya.