Tolong, Bansos Perlu Didampingi APH

by
PAPARAN - Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Batang, Ridwan Gaos Natasukmana, saat menyampaikan pentingnya pendampingan APH untuk setiap kegiatan bansos.

*Cegah Potensi Kerugian Negara

BATANG – Program-program yang bersifat bantuan sosial ternyata tetap rentan dengan dengan praktik penyimpangan. Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Batang, Ridwan Gaos Natasukmana SH, bahkan menyatakan dengan tegas, bahwa apapun bentuk bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat pasti memiliki potensi kerugian negara.

Oleh karena itu, menurut pria yang pernah menjabat sebagai Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya ini, segela jenis bantuan sosial harus mendapat pengawasan dari sejumlah penegak hukum di wilayah setempat.

“Karena saya selaku penegak hukum, jadi saya mengetahui apapun bentuk bantuan sosial pasti ada potensi kerugian negaranya. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya potensi itu, dalam setiap pelaksanaan kegiatan, harus disertai dengan pengawasan dan pengontrolan,” katanya, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, kehadiran unsur penegak hukum dari Kejaksaan, Kepolisian maupun KPK dalam setiap kegiatan penyaluran bantuan sosial sangat diperlukan.

“Itu makanya pemerintah pusat memerintahkan kami Kejaksaan, Kepolisian maupun KPK untuk selalu memberikan pendampingan atau melakukan pengawalan terhadap apapun jenis bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat,” ujarnya.