Kabar Gembira, 30 Ribu KPM PKH di Batang akan Terima Bantuan Beras 15 Kilogram

by
Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Arie Apriansyah saat mengecek beras yang akan diberikan untuk KPM PKH.

*Diberikan Selama Tiga Bulan

BATANG – Kabar gembira bagi 30 Ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).
Pasalnya, selain menerima bantuan tunai, pemerintah juga akan memberikan bantuan beras masing-masinh 15 kilogram untuk tiga bulan.

Bupati Batang, Wihaji usai sosialisasi pemberian bantuan mengatakan, untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19 atau virus Corona, Kementerian Sosial memberikan bantuan tambahan berupa beras untuk penerima PKH. Sedangkan untuk bantuan berupa uang tunai, tetap diberikan seperti biasa.

“Bantuan beras sebanyak 15 kilogram tiap bulan selama 3 bulan ini merupakan tambahan bagi KPM PKH. Dan untuk Kabupaten Batang sendiri ada sebanyak 30.828 kepala keluarga yang akan menerima bantuan beras untuk bulan Agustus hingga Oktober 2020,” ujar Bupati Wihaji, usai sosialisasi di aula kantor bupati, Selasa (15/9/2020).

Kepala Dinas Sosial Pemkab Batang, Joko Tetuko mengungkapkan, untuk bantuan beras sendiri akan mulai disalurkan pada bulan September ini. Sehingga bagi KPM PKH akan mendapat rapelan untuk dua bulan, atau sebanyak 30 kilogram.

“Untuk bantuan bulan Agustus akan diberikan pada September ini atau dirapel.
Sedangkan untuk mekanisme penyaluran bantuan akan dilakukan dari Bulog dan didistribusikan langsung sampai kepada KPM atau titik bagi yang disepakati di tingkat kelurahan atau desa,” jelas Joko Tetuko.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Arie Apriansyah mengatakan, untuk kualitas beras yang diberikan se diri kualitasnya standart medium. Hal itu tentu berbeda dengan bantuan sembako lainnya yang kualitasnya premium.

“Meskipun standart medium, namun kami pastikan kualitas dan kuantitas beras terjamin dengan baik. Dan berasnya sendiri merupakan cadangan yang saat ini berada di gudang Bulog,” kata Arie Apriansyah.

Lebih lanjut dijelaskan, pihak Bulog sendiri saat ini sudah menyiapkan beras untuk dua alokasi penyaluran bansos. Yaitu bulan Agustus yang akan disalurkan bersamaan dengan September 2020 ini.

“Pada bulan ini tiap KPM akan menerima bantuan 30 kilogram beras sekaligus. Sedangkan untuk mekanisme penyaluran ya akan dikoordinasikan dengan pendamping dan pihak desa,” tandas Arie Apriansyah. (don)