Geliat Ekonomi Arus Bawah Perlu Terus Dikembangkan

by
SIMBOLIS - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi secara simbolis mengisi BBM Unit usaha milik Bumdes Jati Mandiri Desa Karangjati, Wiradesa.

*) Bupati Dukung Keberadaan Bumdes

WIRADESA – Di tengah pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat arus bawah perlu terus dikembangkan. Untuk itu, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diyakini mampu mendorong perekonomian yang ada.

Demikian dikatakan Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi saat membuka Unit Usaha Bumdes Jati Mandiri Desa Karangjati, Kecamatan Wiradesa, Senin (14/09/2020).

Bupati Asip mengatakan, kegiatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat perlu terus dilakukan melalui suport dari dana desa. Seperti kali ini, di Desa Karangjati, Kecamatan Wiradesa, muncul kembali penambahan Unit usaha kerja sama dengan pihak ketiga yang diinisiasi oleh Pemdes kerjasama dengan pihak ketiga. Yakni sebagai unit usaha yang menyediakan bahan bakar untuk kendaraan bermotor.

“Ini memudahkan masyarakat untuk membeli untuk mendapatkan bahan bakar, kemudian juga secara ekonomi desa ini juga bisa dibentuk karena keuntungan dari Bumdes nanti ada sharing profit dengan desa. Kalau Dana Desa ini dikelola dengan baik Pasti ujungnya mendatangkan kebaikan atau kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk keuntungan yang didapatkan, akan dikembalikan lagi untuk membangun masyarakat desa. “Nanti akan disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki tapi secara umum desa desa di Kabupaten Pekalongan ini Alhamdulillah ya semuanya berada dalam kondisi baik. Sehingga juga perlu mengundang kerjasama termasuk investor dari Jakarta untuk menanamkan modal dikelola bersama dengan Bumdes,” katanya.