Dukung Pembelajaran Daring Berkarakter

by
BERSAMA - Ketua Himpaudi Batang, Hanik Triwidyaningsih dan Ketua IGTKI Batang Ifan Prasetiyo.

BATANG – Masa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi masa emas untuk penanaman karakter. Oleh karenanya meski di tengah pembelajaran daring, IGTKI dan Himpaudi Batang berkomitmen untuk menanamkan pendidikan karakter anak dalam pembelajaran online tersebut.

Ketua IGTKI Batang, Ifan Prasetiyo menjelaskan, memang tidak mudah untuk menanamkan pendidikan karakter dengan menggunakan pembelajaran daring. Namun menurutnya, pembentukan karakter ini masih bisa guru sampaikan dalam penyampaian materi video edukasi.

“Jadi meski tidak secara langsung tatap muka dengan siswa, video pembelajaran edukasi ini bisa jadi wadah untuk penanaman karakter. Jadi guru pun harus menyiapkan konten yang tak hanya menarik dari isi maupun penyampaian, tapi bagaimana konten tersebut juga bisa jadi sarana penanaman karakter anak,” jelasnya, kemarin.

Dalam pembuatan video edukasi pembelajaran daring pun, guru bisa turut memberikan penanaman karakter pada anak didiknya. Seperti dalam menyesuaikan perilaku, pakaian, mimik, serta ucapan yang perlu diperhatikan. Lantaran anak juga ikut mengamati dan memperhatikan apa yang dilakukan dan diucapkan guru mereka dalam video tersebut. Sehingga apa yang guru lakukan di video semaksimal mungkin bisa menjadi teladan bagi anak didik.

Sepakat dengan Ifan, Ketua Himpaudi Batang, Hanik Triwidyaningsih berpendapat pendidikan karakter tak boleh terlewatkan meski di tengah pembelajaran daring.