Bersiap, Pelanggar Protokol Bakal Diburu

by
SANKI - Kabag Ops Polres Batang, AKP Asfauri, saat memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan.

Ia menyebutkan, dari kegiatan Operasi Yustisi tersebut, pihaknya menjaring sebanyak 157 orang karena tidak memakai masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Ada dua kategori sanksi yang kita terapkan, mulai sanksi teguran lisan dan sanksi sosial. Para pelanggar kita data, baik nama dan alamatnya. Sehingga apabila di kemudian hari ditemukan lagi, tentunya kita akan berikan sanksi sanksi yang lainnya,” katanya.

Dijelaskan Asfauri, pada operasi ini, pihaknya memberikan sanksi teguran pada 134 orang dan sanksi sosial sebanyak 23 orang. Sanksi teguran diberikan pada warga yang tidak memakai masker sebagai mestinya. Adapun 23 orang diberikan sanksi berupa membaca teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” katanya.

Pada operasi tersebut, kata dia, petugas akan mencegat para pengendara sepeda motor maupun pengemudi kendaraan yang tidak memakai masker saat beraktivitas di jalan raya. Selain itu, melalui alat pengeras suara, petugas mengingatkan warga selalu mematuhi protokol kesehatan, khususnya memakai masker saat berkendara di jalan raya.

Menurut dia, pada operasi itu, petugas juga masih mengedepankan pola persuasif kepada pelanggar protokol kesehatan. Sebab, untuk sanksi denda sementara belum dapat diterapkan, mengingat saat ini pihaknya masih hanya mempunyai pegangan Peraturan Bupati saja.