Sempat Mundur 3 Jam, APBD-P Akhirnya Ditetapkan

by
TANDA TANGAN - Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab didampingi Wakil Ketua, Nusron bersama Wali Kota, M Saelany Machfudz saat penandatanganan nota kesepahaman penetapan APBD Perubahan tahun 2020

KOTA – Kegiatan Rapat Paripurna DPRD Kota Pekalongan dengan agenda pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD Perubahan tahun 2020, sempat mundur tiga jam dari jadwal yang ditetapkan. Dalam jadwal acara, Rapat Paripurna semestinya dimulai pada pukul 19.00 namun baru dimulai sekitar pukul 22.00.

Mundurnya pembukaan acara, terjadi karena jumlah anggota DPRD yang hadir tidak memenuhi kuorum. Seperti diketahui, dalam agenda pengambilan keputusan Raperda tentang APBD, jumlah anggota yang hadir minimal 2/3 dari total jumlah anggota.

Setelah tiga jam belum dimulai, Ketua DPRD, Balgis Diab akhirnya membuka rapat pada pukul 22.00. Namun Balgis hanya memberikan pengumuman bahwa rapat ditunda selama satu jam karena jumlah anggota DPRD yang hadir belum kuorum. Kemudian pada pukul 22.14 penundaan rapat dicabut karena jumlah anggota yang hadir sudah kuorum.

Usai agenda pertama selesai, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan agenda kedua yakni pengambilan keputusan terhadap tiga Raperda. Ketiganya masing-masing Raperda Perubahan Atas Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah, Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pajak Penerangan Jalan dan Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 24 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Izin Trayek. Ketiga Raperda tersebut disetujui untuk ditetapkan sebagai Perda.

Ketua DPRD, Balgis Diab ditemui usai kegiatan menjelaskan bahwa mundurnya jadwal pelaksaan Rapat Paripurna dikarenakan jumlah anggota DPRD yang hadir belum memenuhi kuorum. “Rapat Paripurna dengan agenda pengambilan keputusan terhadap Raperda APBD Perubahan tertunda karena menunggu jumlah anggota yang hadir kuorum. Karena sesuai dengan tata tertib DPRD, untuk pengambilan keputusan DPRD berkaitan dengan APBD jumlah anggota yang hadir minimal 2/3,” jelasnya.