11 Ribu Pelaku UMKM Diusulkan Terima Bantuan

by
Kepala Dindagkop dan UKM, Bambang Nurdiyatman

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Rr Tjandrawati menjelaskan sesuai dengan Permenkop-UKM Nomor 6 Tahun 2020 bahwa pengusul BPUM selain dari Dindagkop UKM di setiap provinsi/kabupaten/kota, yakni dari koperasi yang sudah disahkan secara badan hukum, lembaga keuangan, perbankan yang sudah terdaftar di OJK.

“Dari kantor kami setiap hari nya sudah kami usulkan para pendaftar yang melakukan pendaftaran secara online maupun offline. Kami kirimkan data-data mereka ke Kemenkop-UKM melalui email. Namun, untuk sistem seleksi siapa saja yang menerima itu dari Kementeriannya langsung. Dari Dindagkop-UKM hanya sebagai fasilitator saja yang membantu mengusulkan,” ujar Tjandra.

Tjandra menyebutkan, pihak Dindagkop-UKM sudah berkoordinasi mengenai penerima BPUM kepada mitra bank maupun lembaga keuangan penyalur yang ditunjuk oleh Kemenkop-UKM untuk pencairan BPUM tersebut.

“Pencairan dana hibah BPUM, kami tengah berkoordinasi dan meminta kepada lembaga keuangan dan perbankan terkait, namun datanya masih campur aduk dengan data penerima kabupaten. Jadi untuk jumlah yang sudah disalurkan berapa belum tahu pastinya berapa. Karena, penyaluran dana langsung dari Kementerian ke rekening bank penerima yang kemudian akan diinformasikan ke penerima BPUM melalui nomer hp atau WhatsApp yang sudah didaftarkan,” tandas Tjandra.(nul)