TPA Bojonglarang Terbakar, Diduga Akibat Ledakan Gas Metana

by
TPA BOJONGLARANG KEBAKARAN: TPA Bojonglarang di Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, terbakar diduga akibat ledakan gas metana. Hadi Waluyo.

KAJEN – Kebakaran hebat membakar tumpukan sampah di Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Sampah Bojonglarang di Dukuh Bojonglarang, Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Senin (14/9/2020) sore. Hingga malam ini, petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan amukan si jago merah yang membakar ratusan ton sampah di TPA seluas 2,3 hektare tersebut.

Sedikitnya tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pekalongan diturunkan untuk memadamkan kobaran api. Tumpukan sampah yang kering dan hembusan angin yang kencang membuat api dengan cepat meluas. Petugas gabungan bersama warga pun berjibaku mencoba memadamkan kebakaran di TPA di wilayah perbukitan tersebut.

Kepala UPT TPA Bojonglarang Lutfiah, dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran di TPA Bojonglarang. Menurutnya, kebakaran di lokasi pengelolaan sampah tingkat kabupaten ini terjadi sejak pukul 16.00 WIB. “Tiga mobil pemadam kebakaran sudah turun. Hingga saat ini petugas masih menangani kebakaran di sini,” kata dia.

Dikatakan, volume sampah di TPA Bojonglarang sekitar 110 ton. Menurutnya, dugaan sementara kebakaran itu akibat ledakan gas metana. “Untuk volume dan luasan sampah yang terbakar belum kita ketahui karena masih ditangani. Hanya tumpukan sampah yang terbakar. Tidak ada bangunan yang terbakar,” kata dia. (had)