Rencana Pembangunan Islamic Center Sudah Melalui Studi Kelayakan dan Demi Kemaslahatan Umat

by
Ketua PCNU dan Sekretaris DMI Batang menunjukan desain pembangunan Islamic Center. Istimewa

BATANG – Pemilihan pangkalan truk Banyuputih yang ada di Dukuh Petamanan, Kecamatan Banyuputih sebagai lokasi pembangunan Islamic Center didasarkan pada hasil Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan yang mengacu pada pertimbangan sosiologis dan ekonomis.

“Lokasi pembangunan Islamic Center sudah dikaji sejak awal tahun 2019. Dan dari hasil Feasibility Study (FS) yang mengacu pada pertimbangan sosiologis dan ekonomis,” ujar Bupati Batang, Wihaji pada sidang Paripurna DPRD setempat dengan agenda Jawaban Bupati atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi, Senin (14/9)

Disisi lain, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari pangkalan truk di Banyuptuih sudah sangat mengalami penurunan sejak adanya jalan tol. “Karena itulah, diputuskan di lokasi tersebut dibangun Islamic Center agar lahan yang ada punya nilai manfaat yang lebih bagi kemaslahatan umat,” jelas Bupati Wihaji.

Keputusan Pemkab Batang itu sendiri juga mendapat dukungan dari Anggota DPRD Batang dari Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem), H Muafi. Pihaknya mengaku sangat mendukung lokasi Islamic center yang berada di Banyuputih sebagai perluasan kota.

“Pembangunan Islamic Center di wilayah Banyuputih, saya anggap tepat. Dan itu sangat diharapkan masyarakat, karena akan membawa kemaslahatan bagi umat Islam,” tegas Muafi

Anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapel) 3 meliputi Kecamatan Gringsing, Limpung, Banyuputih dan Tersono itu menyatakan, dengan dibangunya Islamic Center di Banyuputih, berarti ada pemerataan pembangunan infrastruktur. Hal itu tentu saja mengurangi kesenjangan antarwilayah.

“Apalagi di lokasi yang akan dibangun Islamik Center itu ada kegiatan yang tidak baik. Oleh karena itu, keberadaan Islamic Center diharapkan dapat merubahnya dan berganti dengan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” beber Ketua DPC Partai Nasdem Batang itu.

Tidak hanya itu, keberadaan Islamic Center juga diharapkan bisa menambah geliat perekonomian baru di Kecamatan Gringsing, Banyuptih, Limpung dan Tersono dan juga sebagai pusatnya kegiataan keagamaan di Kabupaten Batang.

“Itulah sejumlah harapan dari masyarakat dari Dapil 3 Batang yang sangat menginginkan daerahnya bisa menjadi pusat kegiatan keagamaan,” tandas Muafi. (don)