Rapimnas PPDI di Pekalongan

by
RAPIMNAS PPDI: Bupati Asip Kholbihi membuka Rapimnas PPDI di Hotel Nirwana.

RAPAT Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Hotel Nirwana Pekalongan dibuka oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Sabtu (12/9/2020).

Bupati Asip mengucapkan selamat datang di wilayah Pekalongan. Bupati menyampaikan, Kabupaten Pekalongan mempunyai 273 desa atau 285 desa dan kelurahan. “Desa mengajarkan kepada kita tentang guyub rukun dan gotong royong. Harmonisasi masyarakat bisa kita temukan secara nyata di desa. Alhamdulilah para pemimpin kita juga kebanyakan lahir di desa,” ujar Bupati.

Untuk itu, kata dia, beruntung lah para perangkat desa karena setidaknya mereka sudah mempunyai sumber daya manusia yang merupakan karunia dari Allah SWT yang luar biasa, yang ini menjadi daya dukung utama. Yang kedua, desa punya sumber daya alam yang secara spesifik jika dikelola dengan baik oleh sumber daya manusia tadi, maka Bupati yakin hal itu akan menghadirkan kemakmuran yang senyatanya.

Sumber daya yang ketiga yang ada di desa, yaitu sumber daya sosial. Bupati mengatakan, sosial resource ini menjadi kekuatan yang dahsyat yang tidak dimiliki oleh desa-desa selain desa-desa yang ada di Indonesia.

“Tiga sumber daya akan menjadi kekuatan utama, ketika tiga sumber daya ini dikelola oleh leader desa, yang tentu saja melibatkan peran aktif panjenengan semua. Ini saya kira mandat besar atau filosofi mengapa harus berdiri organisasi-organisasi perangkat yang ada di Indonesia, karena sadar atau tidak bahwa representasi kemakmuran Republik ini harus diwujudkan dalam sebuah tatanan kemakmuran yang wajahnya ada di desa,” tandasnya.