Asyik, Iuran JKK-JKM Cukup Bayar 1%

by
Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekalongan, Budi Jatmiko.

*Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK

KOTA – Pemerintah melalui PP Nomor 49 Tahun 2020, telah menetapkan adanya relaksasi iuran untuk sejumlah program BPJAMSOSTEK. Salah satunya yakni pembayaran iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang cukup membayar 1% dari besaran nilai iuran wajib.

Selain untuk JKK dan JKM, dalam PP 49 relaksasi juga diberlakukan untuk pembayaran iuran program Jaminan Pensiun (JP). Namun untuk JP, relaksasi diberikan bukan dalam bentuk potongan iuran melainkan penundaan iuran yang diberikan tenggat waktu pembayaran hingga 15 April 2022 mendatang. Kemudian, melalui program relaksasi peserta atau badan usaha yang masih menunggak iuran juga diberikan kelonggaran denda dari sebelumnya 2% menjadi hanya 0,5%. Sedangkan untuk pembayaran iuran program Jaminan Hari tua (JHT), tidak diberikan relaksasi karena merupakan program ‘tabungan’ peserta.

“Relaksasi ini berlaku mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 atau selama enam bulan. Perusahaan tidak perlu mengajukan relaksasi tapi secara otomatis akan mendapatkan program tersebut,” ungkap Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekalongan, Budi Jatmiko didampingi Kabid Kepesertaan, Arif Dharmawan saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Relaksasi iuran tersebut, lanjut Jatmiko, tidak hanya berlaku bagi badan usaha atau perusahaan, melainkan juga untuk peserta mandiri. “Semua peserta turut mendapatkan program relaksasi iuran ini. Sebagai gambaran, untuk peserta mandiri yang mengikuti dua program JKK dan JKM, per bulan membayar Rp16 ribu. Dengan relaksasi, mereka cukup membayar Rp160 per bulan,” jelasnya.

Karena berlaku sejak Agustus 2020, maka iuran yang sudah terbayarkan untuk bulan Agustus akan otomatis terkoreksi. Kelebihan pembayaran dari bulan Agustus, selanjutnya akan digunakan untuk mengurangi pembayaran iuran bulan selanjutnya. “Syarat yang mendapatkan relaksasi adalah peserta yang terakhir membayar bulan Juli. Sedangkan untuk peserta baru, atau mendaftar setelah Juli akan membayar penuh untuk dua bulan awal dan bulan ketiga baru mendapat relaksasi,” tambah Jatmiko.