Wujud Kemanunggalan, Elemen Masyarakat Terlibat Pembangunan Makodim

by
Bupati dan Dandim Batang disaksikan Habib Luthfi secara simbolis melakukan pembongkaran bagian Makodim yang akan dibangun.

BATANG – Wujud kemanunggalan antara TNI dan rakyat terlihat jelas dari pembangunan Makodim 0736/Batang. Pasalnya, pada pembangunan tersebut sejumlah elemen masyarakat terlibat langsung. Bahkan Ketua Pelaksana pembangunan adalah Ketua MUI Kabupaten Batang.

Peletakan batu pertama pembangunan sendiri dilakukan oleh Wantimpres Habib Lutfi bin Yahya bersama Bupati Batang Wihaji. Selain itu juga hadir jajaran Formominda, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf. Dwison Evianto dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur yang mendalam. Pasalnya, pembangunan Makodim didukung secara penuh oleh seluruh elemen masyarakat Batang.

“Yang hadir disini, mewakili hampir seluruh masyarakat Batang, ini bentuk dukungan dan partisipasi yang sangat kami syukuri dan kami apresiasi”, ujar Dandim.

Menurut Dwison yang merupakan putra asli Batang ini, bahwa pertemuan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Batang sangat mahal dan luar biasa. “Kebersamaan ini menggambarkan nilai NKRI, bertemu dalam satu forum dan dalam satu frame kebangsaan dan ke-Indonesiaan,” tegas Letkol Dwison.

Bupati Batang dalam sambutannya menegaskan bahwa renovasi pembangunan Makodim semangatnya sama, yaitu dalam rangka membangun Batang, membawa Batang semakin cepat maju, dan demi NKRI.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh pihak dan elemen masyarakat yang telah bersama sama guyup rukun ikut membangun Makodim 0736/Batang,” kata Bupati Wihaji.

Sementara itu, Wantimpres Maulana Habib Luthfi bin Yahya menjelaskan bahwa keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Makodim adalah bukti nyata bahwa TNI lahir dari rakyat.

“Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Makodim ini sangat penting, ini mendidik dan menggugah rasa bahwa TNI milik dan bersama kami (rakyat),” tegas Habib Luthfi

Diakhir sambutannya, Habib Lutfi berpesan agar selalu menjaga persatuan dan terus guyup. Padalnya dengan guyup dan persatuan serta saling menguatkan merupakan salah satu kunci menjaga NKRI.

Ketua Panitia Renovasi Makodim 0736/Batang yang merupakan Ketua MUI KH Zainul Iroqi sangat berterima kasih atas segala upaya dan partisipasi semua pihak.

Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anizar Masyhadi dalam wawancara dengan kru media menyampaikan bahwa 2 pilar utama keamanan Indonesia yaitu TNI dan Polri harus kuat dan solid.

Kiai Anizar menegaskan bahwa Makodim khususnya di Batang harus dapat merepresentasikan wajah TNI yang kuat sebagai penjaga kedaulatan dan NKRI.

“Kehadiran maulana Habib Lutfi bin Yahya yang merupakan bapaknya TNI dan seluruh elemen masyarakat Batang adalah bukti nyata dukungan terhadap renovasi Makodim 0736/Batang”, tandas kiai Anizar. (don)