Alhamdulillah, Panen Daun Bawang Meningkat

by
PANEN - Sejumlah petani Desa Pranten Kecamatan Bawang lakukan panen raya daun bawang, Rabu (9/9/2020).

BATANG – Saat ini Pemkab Batang tengah memprogramkan Desa Pranten dan sekitarnya menjadi sentra budidaya bawang putih. Tak hanya cocok ditanami bawang putih, beberapa komoditas sayuran pun bagus ditanam di Pranten. Salah satunya komoditas daun bawang yang kini tengah memasuki panen raya.

Didukung faktor cuaca, panen kali ini pun melimpah. Selain itu, para petani bisa berbahagia lantaran komoditas daun bawang di sini pun sedang masuk harga yang tinggi. Sehingga petani bisa balik modal untuk musim tanam berikutnya.

Seperti yang dialami oleh Syaifudin (50), petani Desa Pranten. Ia mengaku hasil panen pertanian tanaman daun bawang berlimpah dan harganya pun cukup tinggi. Biasanya jika turun harga bisa mencapai Rp 1.000 per kilonya. Namun saat harga tinggi, bisa mencapai Rp 6-7 ribu per kilo. Normalnya bisa dijual Rp 5 ribu per kilo.

“Panen raya musim ini harga mencapai Rp 5 ribu, harga ini naik dibandingkan dengan panen sebelumnya yakni Rp4ribu rupiah per kilogram, ” katanya saat diwawancarai di area lahannya, Rabu (9/9/2020).

Di lahan miliknya, hasil panen mencapai tiga ton dengan luasan lahan sekitar dua petak yang dipasarkan ke sejumlah pasar di Wonosobo.
Ia menambahkan, meningkatnya hasil produksi karena cuaca bagus dan sistem pengairan lebih baik sehingga tanaman daun bawang tidak kekurangan air.