Mulyorejo Bertransformasi Menuju Desa Mapan

by
Kades Mulyorejo, Mubarok

TIRTO – Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan tengah bertransformasi dari desa tertinggal menjadi mapan. Maklum, dulu wilayah ini menjadi langganan rob menahun, sehingga menyebabkan lingkungan kumuh, tidak sediki juga warga yang hidup sulit.

Namun kini citra itu perlahan berubah seiring proses pembangunan yang dilakukan pemerintah desa dibantu pula pemerintah kabupaten, pemerintah daerah hingga pusat. Mulyorejo kini mampu menyatakan diri sebagai desa mapan.

“Dulu orang enggan masuk Mulyorejo. Bagaimana tidak, banjir rob yang berkepanjangan di sini mengakibatkan akses jalan masuk sering tergenang bahkan higga lutut, belum jalanya yang rusak. Tapi kini alhamdulillah Mulyorejo menuju mapan, artinya berkat bantuan pemerintah daerah hingga pusat perlahan kami melakukan pembenahan sekarang, “tutur Kepala Desa Mulyorejo, Mubarok, saat ditemui dikantornya, Kamis (19/9/2020).

Lebih lanjut Mubarok menjelaskan, perubahan Desa Mulyorejo sendiri bisa dilihat dari akses jalan utama yang hampir keseluruhan sudah dicor.

“Sekarang akses jalan di sini sudah dicor hampir keseluruhan, ditambah bantuan untuk perbaikan rumah warga melalui program RTLH. Belum lama, ada bantuan dari Perkim dan BAPPEDA sekitar 82 rumah dibedah, ada juga dari provinsi 4 rumah. Belum tambahan yang lain. Perlahan perbaikan rumah kumuh terselesaikan, meski masih banyak warga lain di sini yang perlu bantuan untuk rumuh kumuh, “lanjutnya.