Tunjang BDR, Guru Upgrade Kemampuan TIK

by
LATIHAN - Puluhan guru di SMPN 9 Batang mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran, Kamis (10/9/2020).

*SMP Negeri 9 Batang

BATANG – Disdikbud Batang memutuskan untuk menggelar program Belajar Dari Rumah (BDR) per 7 September lalu. Untuk itu, puluhan guru SMPN 9 Batang terus mengupgrade kemampuan TIK mereka, guna mendukung pembelajaran daring. Seperti dengan mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran, Kamis (10/9/2020).

Kepala SMPN 9 Batang, Drs Casyanto berharap para guru bisa semakin kreatif. Sehingga bisa menghasilkan video pembelajaran edukatif. Dengan harapan, para guru dapat memberikan gaya belajar baru bagi siswanya saat belajar di rumah.

“Kami menyiapkan diri menghadapi situasi new normal. Karena situasi ini menuntut kami para pendidik untuk wajib bisa mau tidak mau adaptasi dengan berbagai model media pembelajaran. Dan pelatihan ini membuat kompetensi guru atau pendidik kami semakin meningkat, khususnya teknologi dan informasi. Tentunya kompetensi sangat tepat tepat guna untuk mendukung pembelajaran jarak jauh,” jelas Casyanto.

Kegiatan sendiri dilakukan secara online dan offline dan. Kegiatan online dilakukan dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh. Sedangkan materi pemaparan pembuatan video disampaikan oleh Bachtiyar Rivai.

“Saya apresiasi langkah SMP 9 dalam menyiapkan pendidikan alternatif jarak jauh, harapannya supaya pendidik dapat adaptasi dengan kondisi dimana pandemi virus corona di negeri ini, sehingga materi pembuatan video dari teori sampai praktek langsung menggunakan smartphone masing masing,” ujar lelaki yang juga pendiri Oemah Baca Ceria ini. (nov)