Berpihaki Petani, Pemdes Duwet Fokus Penuhi Sarpras Pertanian

by
HIJAU - Hamparan hijau persawahan desa Duwet, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

BOJONG – Ingin memastikan kebutuhan sarana dan prasarana pertanian warganya terpenuhi, Pemerintah Desa Duwet, Kecamatan Bojong fokus merealisasikan berbagai macam program pertanian, mulai dari pengadaan jalan usaha tani, irigasi hingga pengadaan pupuk.

Kepala Desa Duwet, Sunoto, ketika ditemui di kantornya, Rabu (9/9/2020) mengungkapkan, sejak dilantik menjadi kepala desa, dirinya sudah fokus untuk membenahi persoalan pertanian di wilayahnya mengingat sebagian besar warga Duwet menggeluti usaha tani.

“Untuk prioritas kebutuhan petani, saat ini kami konsen ke infrastruktur yang dibutuhkan petani apa saja. Seperti jalan usaha tani, irigasi, alhamdulillah sudah mulai bergerak,” ungkapnya.

Dia mencontohkan jalan usaha tani sendiri yang selama ini menyempit, sudah mulai ada pembenahan pelebaran jalan hingga 4 meter. Bahkan untuk kebutuhan pengelolaan pengairan petani sendiri yang kemarin sempat tersendat, kata Sunoto, perlahan namun pasti sudah lancar dengan cara mengubah teknis saluran yang tadinya vertikal menjadi miring.

“Ya saya buat miring. Akhirnya penyaluran airnya semakin maksimal. Alhamdulillah, untuk tahun ini tidak melakukan penyedotan air untuk para petani,” jelasnya.