Selalu Berprestasi Karena SMP Islam Pekalongan Tetap Istiqomah dalam Keagamaan

by
Ekskul Drumband
BERMAIN - Siswa SMP Islam Pekalongan sedang bermain di halaman sekolah setempat. ABDURROHMAN
Ekskul Drumband
BERMAIN – Siswa SMP Islam Pekalongan sedang bermain di halaman sekolah setempat.
ABDURROHMAN

SMP Islam Pekalongan, merupakan salah satu sekolah swasta di Kota Pekalongan yang berada dibawah naungan Yayasan Badan Wakaf Ma’had Islam. Sekolah yang mempunyai Visi “ Mencetak Generasi yang Istiqomah dalam beragama, unggul dalam prestasi, sehat jasmani dan rohani” ini nyatanya tetap menjadi salah satu SMP favorit di kota ini.

Dengan salah satu peraturan sekolah yang memisahkan kelas antara putra dan putri, menjadi salah satu nilai positif yang mungkin tidak ditemukan di sekolah lain selain di pondok pesantren. Dalam bidang agama, Sholat Dhuha dan Dzuhur berjama’ah selalu dilakukan, pun sebelum memulai kegiatan di pagi hari selalu membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an dan juga doa wirdusshobah, belum lagi hafalan “one day one ayat” yang bertujuan untuk selalu menjaga anak didiknya agar tidak lupa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.

“Sesuai visi diatas selain tetap beristiqomah dalam keagamaan, SMP Islam pekalongan juga unggul dalam prestasi, terbukti dengan banyaknya tropi penghargaan yang memenuhi etalase tropi yang terletak di salah satu sudut ruang kepala sekolah,” ucap kepala SMP Islam Pekalongan, Titik Purwaningsih SPd.

Pada tahun pelajaran 2016/2017 tercatat setidaknya ada 18 tropi kejuaraan yang telah diraih, separuhnya merupakan tropi juara 1, dan juga tropi juara umum Jumbara tingkat Kota Pekalongan tahun 2016.

Di SMP Islam Pekalongan, kata Titik Purwaningsih, selain dibekali dengan ilmu pengetahuan umum, juga dibekali dengan ilmu agama untuk memberikan dasar pengetahuan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari–hari.

“Guna meningkatkan kualitas anak didiknya, kami mempunyai dua kelompok kelas yakni Kelas Unggulan dan Kelas Reguler,” bebernya.

Kelas Unggulan tersebut merupakan salah satu layanan bagi para peserta didik dengan kapasitas maksimal 25 anak yang merupakan siswa hasil seleksi yang telah dilakukan sebelumnya dengan peserta seluruh siswa SMP Islam Pekalongan.

Untuk menunjang prestasi, sambung Titik Purwaningsih, tentunya tak lepas dari dukungan berbagai aspek, diantaranya adalah sarana dan pra sarana. Jika dilihat dari luar, sekolah yang berada di Jl. Dr. Cipto no 39A ini memang tampak biasa saja, akan tetapi ketika masuk ke area sekolah akan terlihat betapa sarana dan prasarana sekolah ini sudah memadai untuk menunjang prestasi anak didiknya. Hal ini dapat dilihat ketika masuk akan disambut bangunan indah 2 lantai, yang terdiri dari Perpustakaan Bakir Hasan pada lantai 1, serta Masjid AL Hinduan di lantai 2.

Perpustakaan Bakir Hasan merupakan salah satu perpustakaan rujukan sekolah di Kota Pekalongan,hal tersebut dikarenakan perpustakaan ini merupakan Juara 1 untuk Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP se Kota Pekalongan pada tahun 2014 dan 2015 secara berturut – turut, bahkan menempati Peringkat ke 2 pada Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP se – eks Karisidenan Pekalongan. Masuk lebih dalam ke halaman sekolah, Terdapat lapangan Bola Basket, serta Lapangan Bola Voli. Di situlah bakat dan minat anak didik di bidang olahraga diasah, dan dibina untuk mempertahankan prestasi dibidang olahraga yang selama ini juga telah banyak diraih. Pada tahun pelajaran 2016/2017 ada 14 tropi kejuaraan yang telah diraih dari berbagai cabang olahraga, diantaranya adalah juara 1 basket putra POPDA tahun 2016, juara 2 basket putri POPDA tahun 2016, peringkat ke 3 POPDA tahun 2016,dan Juara 1 Karate INKAI tingkat karesidenan tahun 2016.

Selain sarana dan prasarana diatas, penunjang prestasi akademik juga memadai. Hal ini dapat dilihat dengan adanya beberapa laboratorium yang tersedia, antara lain laboratorium IPA, laboratorium komputer, laboratorium bahasa serta ruang multimedia sebagai salah satu tempat kegiatan belajar selain di ruang kelas.

Prestasi siswa tidak akan pernah diraih tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Minat dan bakat anak didik tidak akan terasah ketika tidak adanya dukungan orang tua dan pihak sekolah. SMP Islam selalu berusaha memberikan dukungan penuh terhadap anak didiknya yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Selain sarana dan prasarana diatas, sekolah ini pun mempunyai beberapa ekstrakulikuler guna mendukung prestasi siswa. Diantaranya adalah Pramuka, Bahasa Inggris, Komputer / robotik, Majalah dinding, PKS, Drumband, PMR, Bola Basket, renang, pencak silat, KIR, dan tentu saja Tartil Qur’an guna menambah pengetahuan tentang membaca Al Qur’an.

Hasil prestasi yang diraih dari kegiatan ekstrakulikuler tersebut antara lain Juara Umum JUMBARA tingkat Kota Pekalongan tahun 2016, Peringkat ke 2 PMR Tingkat Nasional tahun 2016, Juara 3 Speech Contest Hasyim Asyari tahun 2016, serta beberapa tropi yang terpajang di ruang tropi.

SMP Islam Pekalongan telah banyak meraih prestasi serta mencetak generasi hebat dibidangnya masing – masing. Banyak alumni telah berhasil meraih apa yang dicitakan saat dia menjadi siswa. Hal ini tak lepas dari peran serta guru, kepala sekolah serta orang tua yang selalu mendukung setiap kegiatan yang ada di SMP Islam.

Beberapa dari alumni yang telah berhasil antara lain, M. Erfin Firmansyah ( Pebalap Asian Talent Cup ), Brigjen. Pol. M. Naufal Yahya ( Wakapolda Kalimantan Timur ), Arif Satria ( Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor ), Sutrisno Bachir ( Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional ), KH. Anang Rikza Masyhadi ( pimpinan Pondok Modern Tazakka ), dr. H.M Basyir Ahmad S ( Dokter ), H. Ahmad Alf Arslan Djunaid, S.E (alm), H. Andy Arslan Djunaid, S.E (Ketua Umum Kospin Jasa ), Yos Rosidi, S.Sos, M.M ( Camat Pekalongan Utara ), serta masih banyak lagi alumni yang telah berhasil mewujudkan impiannya dibidang masing – masing. Semoga SMP Islam Pekalongan tetap istiqomah dalam menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi penerus bangsa berkualitas. (dur)

Penulis & Redaktur: Abdurrahman