Diinisiasi Pemuda, Wisata Sungai Kini jadi Ikon Desa Wonopringgo

by -
WISATA TEPI SUNGAI - Ini dia wisata tepi sungai baru yang berlokasi di Desa wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo.

Atas dasar kolaborasi para pemuda dan pemerintah desa akhirnya diputuskan untuk membuat tempat pemancingan daan tempat wisata edukasi ikan di sungai tersebut.

“Jadi kita ada anggaran untuk pengadaan benih dan lain-lain. Awalnya mereka hanya kelola sungai yang besar, hanya untuk pancing. Tapi saya minta biar ada edukasilah, kita bikin kerambah dan jaring. Lokasinya sendiri di RT 9,” jelasnya.

Bahkan upaya para pemuda dan Pemdes Wonopringgo membuat wisata tepi sungai tersebut, mendapatkan respon positif dari pemerintah kabupaten dan Kementerian perikanan yang bahkan memberikan bantuan benih ikan masing-masing 10 ribu benih dari Bupati Pekalongan dan 15 ribu dari kementerian perikanan.

Para pemuda dan Pemdes Wonopringgo awalnya tidak mengira apa yang mereka buat itu ternyata membawa berkah dalam banyak hal. Kini tepi sungai tersebut telah menjadi ikon baru Desa wonopringgo.

Setiap sore hari selalu ramai dikunjungi warga untuk sekedar memancing dan wisata edukasi buat anak-anak. “Terus yang di kerambah, kita untuk edukasi dengan menyediakan makan ikan yang yang bisa dibeli untuk kasih makan ikan di sana. Jadi di situ juga ada edukasi buat anak kecil memelihara ikan. Setiap sore sekarang udah ramai,” cetusnya.

Tidak hanya baik untuk sektor wisata, program tersebut juga berdaya dukung bagi ketahanan pangan. “Jadi akhirnya ini ketahanan pangan masuk, wisatanya masuk. Padahal ini hanya satu anggaran loh. Nanti 3 bulan ke depan baru kita rancang wisatanya. Karena sudah bisa edukasi, pemancingan sudah bisa. Jadi mereka mancing, ada tiket lah nantinya,” tutupnya. (ap3)