Diinisiasi Pemuda, Wisata Sungai Kini jadi Ikon Desa Wonopringgo

by
WISATA TEPI SUNGAI - Ini dia wisata tepi sungai baru yang berlokasi di Desa wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo.

WONOPRINGGO – Desa Wonopringgo sekarang punya wisata pemancingan dan edukasi tepi sungai. Keberadaan wisata tersebut tidak lepas dari peran pemuda desa yang menjadi inisiator dan motor penggeraknya.

Hal ini dibenarkan Kepala Desa Wonopringgo, Haryanto, ketika ditemui, Selasa (08/9/2020). “Kita sudah punya konsep lama berkenaan wisata tersebut, kebetulan awal periode saya ini ada sekelompok anak muda mereka membentuk kelompok pemuda peduli lingkungan. Ternyata arah mereka sejalan dengan program Kemendes, mereka bahkan berani berswadaya di awal,” ungkapnya.

Dijelaskan Haryanto, para memuda tersebut mengawali kreativitas mereka dengan membersihkan sungai dan bantaran, hingga swadaya membeli benih ikan. “Setiap kelompok pemuda itu, patungan Rp 30 ribu. Awalnya untuk beli benih, terus begitu mereka udah mendekati final, kita ketemu. Ternyata arah mereka sendiri ingin membersihkan lingkungan sungai. Sungai yang tadinya penuh sampah, ternyata sudah dibersihkan,” jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, setelah sungai bersih barulah para pemuda menghubungi pihak desa yang kemudian merespon positif. Pemdes bahkan menganggarkan dana cadangan untuk pengadaan benih dan semua kebutuhan yang mendukung kreativitas para pemuda tersebut.

“Akhirnya kita ada kesempatan dengan perkades, ada anggaran 1% cadangan Rp 12 Juta, kita anggarkan untuk pengadaan bibit ikan tersebut. Anak-anak tambahlah semangat. Sekarang ternyata mereka baru tahu nyatanya desa bisa seperti ini,” paparnya.