Kenakan Batik Asli Kendal Daftar di KPU, NURANI Angkat Potensi UMKM

by
BANGGA - Kenakan batik asli Kendal, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Ali Nurudin dan Yekti Handayani (NURANI) naik mobil jip menuju KPU Kendal usai deklarasi.

KENDAL – Kostum yang dikenakan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Ali Nurudin dan Yekti Handayani (NURANI) saat mendaftar di KPU, Sabtu (5/9) adalah batik asli Kendal. Paslon yang diusung PKB, Nasdem dan Gerindra tersebut menggelar deklarasi di kantor DPC PKB Kendal. Bahkan sebelumnya mereka meminta doa restu dua ulama kharismatik, yakni pengasuh Pesantren Al-Fadlu wal Fadilah Kaliwungu KH Dimyati Rois (mbah Dim) dan pengasuh Pesantren Wasilatul Huda, Gemuh, KH. Adib Anas Noor (abah Adib).

Terkait baju batik, Mahfud Shodiq, tim pemenangan Ali Nurudin dan Yekti Handayani (Nurani) mengatakan, batik yang dikenakan paslon dibeli dari pengrajin batik di Kendal di Desa Kutoharjo, Kaliwungu.

Dikatakan Mahfud, penggunaan kostum batik lokal itu sebagai bentuk komitmen paslon NURANI untuk mengangkat UMKM bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kendal.

“Di Pungkuran, Kutoharjo, ternyata ada pengrajin batik yang sudah puluhan tahun membuat batik tulis dan cetak dengan motif khas Kendal. Ini salah satu contoh saja, bahwa Kendal punya potensi UMKM yang bisa dikembangkan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Ustad Ali mengaku merasa bangga dapat mengenakan batik asli Kendal. Menurutnya UMKM perlu didorong dan didukung dengan kebijakan dari pemerintah daerah agar bisa lebih berkembang.