Pandemi, Sedekah Laut Digelar Sederhana

by
MELARUNG - Nelayan Klidang Lor Batang menghanyutkan kepala kerbau di tengah laut dalam rangkaian acara sedekah laut, Kamis (3/9/2020).

BATANG – Tradisi sedekah laut atau nyadran oleh nelayan Kabupaten Batang pada tahun 2020 ini digelar secara sederhana, guna meminimalkan risiko penularan virus corona.

“Biasanya kita menggelar pentas wayang dan musik dangdut. Namun berhubung masih pandemi Covid-19, maka tradisi sedekah laut kita lakukan sederhana,” ungkap Ketua HNSI Kabupaten Batang, Teguh Tarmujo, Kamis (3/9/2020), di TPI Klidang Lor 2.

Semula, kata Teguh, tradisi ini akan ditiadakan terkait wabah Covid-19. Namun para nelayan mendesak pada HNSI agar ritual melarung kepala kerbau di tengah laut tetap dilaksanakan.



“Akhirnya, acara sedekah laut tetap kita laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kita minta pada warga yang datang ke lokasi acara sedekah laut memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung yang lain guna meminimalkan risiko penularan virus corona,” katanya.

“Pemerintah daerah pun sudah mewanti wanti agar penyelenggaraan tradisi sedekah laut tidak mengundang banyak warga. Namun, kenyataannya masyarakat banyak yang datang ingin melihat proses tradisi sedekah laut,” imbuh Teguh.