Balai Desa Gondang Diserbu Ratusan Warga

by
PELAYANAN - Pelayanan aparat desa Gondang kepada warga yang membutuhkan surat pengantar desa untuk Izin usaha pagi ini,Kamis (3/9/2020).

*Urus SKU untuk Bantuan Stimulan UMKM

WONOPRINGGO – Sudah tiga hari ini, warga Gondang, Kecamatan Wonopringgo, berbondong-bondong mendatangi balai desa setempat untuk mengajukan permohonan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Ratusan warga yang mengaku sebagai pelaku usaha itu rela mengantre demi mengurus persyaratan mendapatkan bantuan stimulan UMKM yang diluncurkan pemerintah pusat.

Kepala Desa Gondang, Ridwan, mengatakan, warga sudah tiga hari ini berbondong ke balai desa meminta pihak kelurahan agar membantu mendaftarkan sebagai penerima bantuan tersebut.

“Ini karena ada kabar dari Disperindag akan ada bantuan untuk UMKM, banyak masyarakat yang datang untuk mengurus surat keterangan usaha dari dibalai desa,” ungkapnya, Kamis (3/9/2020).

Disampaikan Ridwan, per Rabu (2/9/2020) kemarin, Pemerintah Desa Gondang total telah menerbitkan 149 SKU untuk warganya. “Belum termasuk yang hari ini (Kamis -red),” imbuhnya.

Ridwan mengaku prihatin dengan kondisi UMKM yang terpuruk sejak adanya pandemi Covid-19. Banyak aktivitas usahanya yang tidak berjalan, atau kalaupun tetap berooperasi, hasilnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.